Emas Terakhir Dipersembahkan Ferza, Kalsel Masuk 4 Besar Kejurnas Panjat Tebing Aceh

0

ATLET panjat tebing andalan Kalimantan Selatan Moch Ferza Fernanda Abdi mempersembahkan medali emas terakhir bagi Banua di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kelompok Umum XV-2021 di Aceh.

RAIHAN satu medali emas ini menambah koleksi kontingen Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalsel menjadi empat medali. Setelah sebelumnya, berhasil merebut tiga medali emas.

Medali emas didulang atlet Pelantas yang dipersiapkan mengikuti Asian Youth Championship 2021 ini dalam kategori combined. Dengan tambahan emas dari atlet panjat tebing asal Kabupaten Tapin, mendongkrak posisi Kalsel bertengger di peringkat keempat dalam klasemen akhir kejurnas di Aceh.

Totalnya, ada empat medali plus tujuh medali perunggu dibawa pulang kontingen Kalsel ke Banua. Posisi teratas masih ditempati Jawa Timur dengan koleksi masing-masing delapan emas dan perak ditambah dua perunggu. Sedangkan, posisi runner up ditempati DKI Jakarta dengan lima emas, lima perak dan tiga perunggu disusul Bali dengan empat emas, enam perak dan lima perunggu.

BACA : Biaya Seadanya, FPTI Tabalong Berangkatkan 2 Atlet Ke Kejurnas Panjat Tebing Aceh

Dari total 28 medali emas, perak dan emas yang diperebutkan di venue climbing Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB) Lhong Raya Kota Banda Aceh, NAD pada 18-25 November 2021.

Dengan posisi itu, kontingen Kalsel pun mengungguli lumbung atlet panjat tebing nasional seperti dari DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan Sumatera Selatan.

Ketua Umum Pengprov FPTI Kalsel HM Rosehan Noor Bachri pun mengucap syukur atas keberhasilan para atlet panjat tebing Kalsel di ajang berskala nasional itu.

“Alhamdulillah, dengan raihan emas terakhir disuguhkan Ferza membuat posisi Kalsel masuk empat besar nasional di Kejurnas Panjat Tebing KU XV-2021 di Aceh,” ucap Rosehan Noor Bachri kepada jejakrekam.com, Kamis (25/11/2021).

BACA JUGA : Raih Medali Emas di Kejurnas Panjat Tebing Aceh, Orangtua Zaskia Al Zahra Bangga

Klasemen terakhir Kejurnas Panjat Tebing KU XV-2021 di Aceh dan Moch Ferza Fernanda Abdi yang meraih medali emas terakhir untuk Kalsel. (Foto Istimewa)

Ia mengakui berangkat dengan dana seadanya, bahkan FPTI Kalsel pun tak memberi sangu berangkat ke Aceh. Toh, dengan semangat juang serta dukungan para orangtua justru kontingen Kalsel bisa berbicara banyak di ajang nasional ini.

“Mereka harus patungan membeli tiket. Saya angkat topi dan salut dengan perjuangan kontingen panjat tebing Kalsel di Aceh,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel ini.

Bagi Rosehan, seperti yang dilakukan Ferza usai dari Aceh harus bertolak ke Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas).

“Saya langsung belikan tiket kepada Ferza. Insya Allah, begitu mereka kembali ke Banjarmasin, saya akan segera berikan bonus sesuai janji,” kata Rosehan.

BACA JUGA : Rebut Medali Emas dan Perunggu di Kejurnas Panjat Tebing Aceh, Ketua FPTI Kalsel Janjikan Bonus

Bonus itu diberikan kepada atlet peraih medali emas dan perunggu guna memotivasi mereka akan terus menorehkan prestasi. Kepada para pelatih dan ofisial yang berangkat ke Aceh sebanyak 18 orang, Rosehan pun mengucapkan terima kasih. Termasuk, kepada para orangtua altet yang terus memotivasi anaknya untuk mengharumkan nama Banua di kancah nasional.

“Semoga dengan keterbatasan kami bisa memberi inspirasi dan motivasi kepada cabang olahraga (cabor) lainnya di Kalsel. Apalagi, panjat tebing merupakan cabor yang digeluti di kampus dan sekolah, terlebih lagi cabor ini juga mengharumkan nama Indonesia di Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.