Respon Ancaman Demo Warga Alalak Tengah, Manajemen PDAM Bandarmasih Minta Maaf

0

ANCAMAN aksi demo warga enam rukun tetangga (RT) di Kelurahan Alalak Tengah terkait mati totalnya air leding dalam sepekan terakhir ini, direspon PDAM Bandarmasih.

DIREKTUR Teknik PDAM Bandarmasih, H Supian memastikan masalah distribusi air bersih yang dihadapi warga Alalak Tengah terkhusus di enam RT akan segera diatasi.

“Saat ini, kami masih berupaya mengatasi keluhanan macet atau matinya distribusi air bersih di Kelurahan Alalak Tengah khususnya di enam RT yakni 15,14, 13, 12, 11 dan 10,” ucap Supian kepada jejakrekam.com, Minggu (7/11/2021).

Dia menyebut PDAM Bandarmasih telah menerjunkan tim beranggotakan 20 teknisi yang mengecek akar masalah hingga distribusi air bersih tidak mengalir ke Kelurahan Alalak Tengah, Banjarmasin Utara tersebut.

“Hingga tadi malam, kami terus mencari akar masalahnya seperti mengecek jaringan pipa yang mengarah ke kawasan itu. Mengapa tekanan aliran air bisa turun hingga mati,” kata Supian.

BACA : Sepekan Air Leding Mati Total, Warga Alalak Tengah Ancam Demo PDAM Bandarmasih

Menurut dia, kendala distribusi air bersih yang tak lancar baik di enam RT di Kelurahan Alalak Tengah maupun daerah lain pun terus diatasi.

“Selama air bersih belum mengalir atau mengalami gangguan, kami terus kirim truk tangki air untuk memenuhi kebutuhan warga di Alalak Tengah. Air bersih yang disuplai PDAM Bandarmasih itu juga gratis alias tidak dipungut bayaran,” ujar Supian.

Atas nama jajaran direksi PDAM Bandarmasih, Supian pun meminta maaf atas ketidaknyamanan gangguan distribusi air bersih ke berbagai wilayah terdampak, terkhusus enam RT di Kelurahan Alalak Tengah.

Menurut Supian, dengan segala upaya dan dana terbatas, pihaknya terus mengupayakan perbaikan atau rehabilitasi jaringan dengan skala prioritas. “Untuk kawasan di Alalak itu pun skala prioritas untuk rehabilitasi jaringan air,” katanya.

BACA JUGA : Jual Air Leding PDAM Bandarmasih Bisa Bukukan Laba Bersih Puluhan Miliar

Supian menepis anggapan gara-gara keterbatasan dana dan pipa bocor selalu jadi dalih PDAM Bandarmasih menyetop suplai air baik berdurasi enam jam atau lebih.

Senada itu, Humas PDAM Bandarmasih Nur Wahid menambahkan untuk mengatasi mati totalnya distribusi air bersih ke Alalak Tengah, sudah ditindaklanjuti jauh-jauh hari.

“Ya, empat bulan lalu sama kejadian seperti sekarang. Masalah ini sudah kami evaluasi dan atasi, hasilnya distribusi air lewat jaringan pipa sudah mulai normal ke rumah pelanggan di Alalak Tengah,” beber Wahid.

Dia menceritakan tim juga terjun pada Jumat (5/11/2021) ke lapangan mencari penyebab macet hingga mati totalnya distribusi air bersih di kawasan itu.

“Dari hasil lapangan itu, kami simpulkan memang jaringan distribusi air yang harus segera dibenahi. Memang, ada beberapa penyebab yang masih belum diketahui tim,” kata Wahid.

BACA JUGA : Sikapi Krisis Air Bersih Warga Alalak Tengah, DPRD Banjarmasin Semprit PDAM Bandarmasih

Menurut dia, dari hasil pengecekan di lapangan ditemukan beberapa titik kebocoran bervariasi dari air vent valve, pipa persil dan pipa tersier. Berikutnya, tim langsung mengganti pipa sekunder dan tersier di lokasi yang teridentifikasi ada kebocoran.

“Kebocoran itu terlihat ketika ada air yang keluar dari permukaan jalan. Begitu diganti dengan pipa baru, selesai. Air bisa diselamatkan sehingga bisa diarahkan ke rumah pelanggan, termasuk di Kelurahan Alalak Tengah,” tandas Wahid.(jejakrekam)

Pencarian populer:Ancaman warga ke PDAM
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.