Dibongkar, Puluhan Kios Depan BTC Terminal Km 6 Rata dengan Tanah

0

PULUHAN kios berada di depan bangunan Banjarmasin Trade Center (BTC) milik Dicky Gunawan alias Aseng di kawasan Terminal Km 6, dibongkar.

PEMBONGKARAN ini dilakukan para pemilik kios, dikabarkan karena pusat perbelanjaan akan segera dioperasikan PT Govindo Utama yang juga mengelola Duta Mall Banjarmasin.

Dari pantauan jejakrekam.com, Minggu (7/11/2021), personel Satpol PP Kota Banjarmasin dibackup personel Polresta Banjarmasin dan Kodim 1007/Banjarmasin, serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin menertibkan puluhan kios di kawasan Terminal Km 6 itu.

Aksi pembersihan sisa-sisa bongkaran puluhan kios ini pun langsung dikomando Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin.

“Kami hanya ditugaskan untuk menertibkan kios-kios yang berada di depan BTC. Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan kondusif,” ucap Ahmad Muzaiyin kepada jejakrekam.com, Minggu (7/11/2021).

BACA : Menang Gugatan di MA, Kantongi HGB, Banjarmasin Trade Center Bakal Beroperasi

Dia menjelaskan para pemilik kios telah mendapat surat peringatan atau teguran (SP) dari pertama hingga ketiga sejak Oktober 2021 lalu.

“Sebagian dari mereka bersedia membongkar sendiri atas kesadaran masing-masing. Jadi, hari ini kami hanya membersihkan sisa bongkaran yang ada di depan BTC,” kata Muzaiyin.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin. (Foto Asyikin0

Mantan Camat Banjarmasin Timur ini mengatakan kayu-kayu bekas bongkaran kios para pedagang ini tidak bisa lagi dimanfaatkan, sehingga terpaksa dibuang ke TPA Basirih.

“Sedangkan, barang berharga sudah diambil para pemilik kios masing-masing. Awalnya, kios ini digunakan para penjual tiket bus. Sebagian sudah pindah ke kios yang disediakan di Terminal Km 6 milik Pemprov Kalsel,” papar Muzaiyin.

BACA JUGA : Kehadiran Banjarmasin Trade Center Dijamin Tak Ganggu Terminal Km 6

Sedangkan, beber dia, beberapa pemilik kios selama ini memang berdagang makanan, sehingga usai pembongkaran kios tidak diketahui pindah ke mana.

“Setelah kawasan depan BTC ini telah bersih, apakah nanti pihak pengelola BTC mau memanfaatkan bangunan itu, kami juga belum mengetahuinya,” kata Muzaiyin.

Bagi dia, terpenting kawasan Terminal Km 6 di Jalan Pramuka itu telah bersih dari keberadaan kios-kios berbahan kayu di depan bangunan BTC. “Sekarang sudah terlihat lebih bagus, tidak lagi semrawut,” kata Muzaiyin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.