Husairi Abdi

Percepat Herd Immunity Banjarmasin, Paman Birin Gelorakan Program Vaksinasi Bergerak

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin langsung turun dengan program andalannya; turun desa (turdes). Kali ini, Banjarmasin menjadi sasaran turdes dengan monitoring program vaksinasi bergerak.

SAAT tiba di Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jalan Tembus Mantuil, Rabu (3/11/2021), Paman Birin pun didampingi Wakil Walikota H Arifin Noor, mengecek langsung program vaksinasi bergerak.

Ada 5.000 peserta dari lima kecamatan yang disasar untuk disuntik vaksin demi mewujudkan Banjarmasin bisa tercapai herd immunity (kekebalan komunal) pada pertengahan November 2021 ini.

Saat di Banjarmasin, Paman Birin tak sendiri. Ia didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK serta pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pejabat teras Pemprov Kalsel.

Mengawali langkah dari Mahligai Pancasila Jalan R Suprapto, Banjarmasin, Paman Birin menargetkan program vaksinasi bergerak bisa berlangsung sejak 3 hingga 6 November 2021 di 13 kabupaten dan kota di Kalsel.

BACA : Banjarmasin Kejar Target Herd Immunity di November, Ini Catatan dari IDI Kalsel

Berbagi tugas, Wakil Gubernur Kalsel Muhidin didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Roy Rizali Anwar memantau vaksinasi Covid-19 di Kantor Kecamatan Banjarmasin Barat.

Di Aula Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, seperti biasanya Paman Birin pun membagikan paket sembako bagi peserta vaksinasi bergerak. Ucapan terima kasih atas nama warga Banjarmasin disuarakan Arifin Noor.

Mantan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalsel ini mengungkap data jika saat ini warga Banjarmasin telah divaksin mencapai 62 persen. 

Menurut Arifin, untuk stok vaksin telah disiapkan untuk menyasar 7.500 orang yang ada di lima kecamatan di Banjarmasin. Stok vaksin Sinovak sebanyak 75.000 dosis  yang datang itu disuplai BKKBN Pusat.

BACA JUGA : Banjarmasin Target Herd Immunity Covid-19 Paling Lambat 10 November Nanti

“Insya Allah, pada akhir tahun ini, target warga Banjarmasin yang divaksin bisa tercapai sebanyak 80 persen,” kata Arifin.

Sementara itu, Paman Birin mengingatkan bahwa serangan Covid-19 yang dialami Kalsel telah berdurasi 1,5 tahun lebih. Menurut dia, kondisi semacam ini masih harus dilawan, antara lain dengan menggelorakan program vaksinasi massal.

“Sebab, lewat vaksin mampu meningkatkan kekebalan tubuh (herd imunity) dan menangkal serangan virus. Jangan takut divaksin, Kita ingin segera Covid-19 diangkat Allah SWT, dan vaksin ini sebagai ikhtiar kita,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini.

BACA JUGA : Tinggi Capaian Vaksinasi, Tim Pakar ULM Saran Pemprov Kalsel Beri Penghargaan Bupati/Walikota

Usai dari Banjarmasin, Paman Birin dan rombongan lewat turdes pun menuju Kabupaten Barito Kuala,  berlanjut ke Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu, Kotabaru, Tanah Laut, Kota Banjarbaru, dan berakhir di Kabupaten Banjar.(jejakrekam) 

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.