Geber Pentas Seni, Banjarmasin Siap Jadi Tuan Rumah ASKS XX Tahun 2023

0

DEWAN Kesenian Banjarmasin bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin menggeber acara pagelaran tari, basyair dan baturai pantun.

EVEN itu dihelat dalam rangka mempersiapkan Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII di Kabupaten Balangan pada 12-14 November 2021.

Pageralan seni itu juga didukung  Sanggar Hapsari dan Sanggar Budaya Kalimantan Selatan, yang bakal mengikuti kompetisi seni di Bumi Sanggam pada pertengahan November nanti.

“Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Banjarmasin bekerjasama dengan Disbudpar Kota Banjarmasin, serta Sanggar Hapsari dan Sanggar Budaya Kalsel guna mengapresiasi kesenian tari, basyair dan baturai pantun,” ucap Ketua Dewan Kesenian (DK) Banjarmasin, Hajriansyah kepada jejakrekam.com, Rabu (3/12/2021).

BACA : Geram, Walikota Ibnu Sina Tulis Puisi Sungaiku, Buku DKDP Go Internasional

Hajriansyah pun menyampaikan pesan sekaligus melepas perwakilan peserta lomba basyair dan baturai pantun mewakili kontingen Kota Banjarmasin dalam perhelatan ASKS XVIII di Kabupaten Balangan.

“Beberapa seniman, praktisi seni dan dosen memberikan evaluasi (kritik dan saran) untuk peserta lomba, dengan harapan peserta dapat tampil optimal,” ujar sarjana seni ISI Yogyakarta ini.

Dengan persiapan yang matang, Hajriansyah berharap tim kontingen Banjarmasin bisa menyabet juara. Ini karena dalam ASKS juga diikuti pelbagai daerah untuk berkompetisi menjadi terbaik

“Begitu pula dukungan Kadisbudpar Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq. Beliau juga menyemangati dan berpesan agar peserta lomba menjaga kesehatan dan bisa tampil maksimal di Balangan nanti,” ucap Hajri-sapaan akrabnya.

BACA JUGA : 17 Tahun Aruh Sastra Kalimantan Selatan, Pelestarian Budaya Lisan Berbahasa Banjar

Pegiat seni, budayawan dan akademisi ULM saat diskusi kesenian dan kebudayaan di Kampung Buku Banjarmasin. (Foto Rahim Arza)

Sesuai arahan, Hajri menyampaikan pesan dari Kadisbudpar Banjarmasin terkait sidang pleno saat berlangsung bahwa ibukota Kalsel bisa ditawarkan dan ditetapkan menjadi Tuan Rumah ASKS XX.

“Hal ini sebagaimana juga yang diharapkan Walikota Ibnu Sina,” tutur pelukis Banjarmasin ini.

Sebelumnya, Ketua DK Banjarmasin Hajriansyah bertemu Walikota Banjarmasin Ibnu Sina di kediaman rumah dinasnya, Jalan Dharma Praja, A Yani Kilometer 5, Jumat (22/10/2021) lalu.

BACA JUGA : Sekelumit Riwayat Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS)

Walikota Ibnu pun menyinggung ihwal kegiatan ASKS di Balangan, seperti apa persiapannya? Merespon itu, Hajri menjelaskan sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari demi memberangkatkan peserta lomba. Nantinya mereka bakal bersaing di panggung ASKS.

Lantas, Walikota Ibnu Sina menyikapi terkait tuan rumah ASKS selanjutnya, dengan tegas diakuinya bahwa pihak Pemkot Banjarmasin siap menyambut.

“Tahun depan, tepatnya di tahun 2023. Banjarmasin siap menyambut menjadi tuan rumah, sampaikan saja di pleno nanti. Kita siap, sampaikan saja penyataanku ini,” tandas Hajri, menirukan pernyataan orang nomor satu di Balai Kota itu.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.