Husairi Abdi

Dari Utuh Jadi Nanang Kebudayaan Kalsel, Nawas Syarif Ingat Pesan; Kandangan Cing Ai!

0

MESKI tak meraih posisi puncak sebagai Nanang Kebudayaan Kalimantan Selatan, toh duta asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Nawas Syarif mengaku bangga bisa berkompetisi di level provinsi.

NAWAS Syarif merupakan Utuh HSS bersama rekannya, Nor Baiti dikirim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten HSS mengikuti ajang pemilihan duta kebudayan helatan Disdikbud Provinsi Kalsel di Banjarmasin.

Kini, Nawas Syarif dan Noor Baiti yang merupakan pasangan Utuh-Aluh telah tergabung dalam Ikatan Nanang Galuh Provinsi Kalimantan Selatan. Even Nanang Galuh (NaGa) 2021 yang digeber pada 28-30 Oktober 2021 telah berakhir. Dalam pemilihan NaGa, ada 18 pasang baik putra maupun putri mewakili 11 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Nah, saat grand final NaGa di Aula Calamus Ballroom Rattan Inn, Banjarmasin, Minggu (31/10/2021) dini hari, Utuh Nawas Syarif hanya berhasil menyabet predikat Wakil V Nanang Kebudayaan Kalsel. Sedangkan, koleganya, Aluh Nor Baiti hanya tertahan pada 10 besar finalis Galuh Kebudayaan Kalsel.

BACA : Demi Gelar NaGa Kalsel 2021, Para Finalis Dicecar seputar Pelestarian Budaya Banjar

“Alhamdulilla, kali ini masih diberikan kesempatan membawa nama harum daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Pawadahan Utuh Aluh HSS,” ujar Nawaz Syarif kepada awak media di Kandangan, Selasa (2/11/2021).

Walau hanya mengirim satu pasang, Nawas menilai Kabupaten HSS bisa berbicara di kancah regional Banua. Ia mengaku tetap percaya diri sebagai wakil utuh ‘pahuluan’ bersaing dengan kontestan lainnya.

BACA JUGA : Promosikan Budaya Sungai, Duet Azimi-Sephiara Dikukuhkan NaGa Kalsel 2021

Satu pesan dari Ketua Umum Pawadahan Utuh-Aluh HSS sebelum bertolak ke Banjarmasin. “Saya ingat, pesannya; Kandangan cing ai, jangan takutan wan nang lain, kita sama sama makan nasi, dan tunjukan bahwa pemuda HSS adalah pemuda yang baadat, babakat dan babarkat,” kata Nawas, terkekeh.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab HSS, karena sudah mewakili daerah di ajang bertaraf provinsi. Bahkan, bersaing dengan para nanang dan galuh dari 11 kabupaten dan kota di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.