Husairi Abdi

Tinggi Capaian Vaksinasi, Tim Pakar ULM Saran Pemprov Kalsel Beri Penghargaan Bupati/Walikota

0

KASUS harian Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan terus melandai, bahkan cenderung menurun. Data dalam tujuh hari terakhir menyebut untuk kasus positif menurun -28,1 persen dan kasus aktif juga mengalami penurunan yakni -22,3 persen.

ANGGOTA Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan dan Penanganan Covid-19, Nasrullah menyarankan dalam kondisi kasuc Covid-19 yang terus melandai, maka pemerintah kabupaten dan kota di Kalsel harus terus menggencarkan program vaksinasi massal.

“Terutama, pada tempat yang strategis sehingga memudahkan berkumpulnya massa. Lokasi itu pun harus mudah diakses seperti puskesmas dan tempat publik dapat dijadikan lokasi vaksinasi secara berkala,” kata Nasrullah kepada jejakrekam.com, Minggu (31/10/2021).

BACA : Capaian Vaksinasi Covid-19 Banjarmasin Diklaim Tertinggi di Kalimantan Selatan

Menurut dosen pendidikan sosiologi FKIP ULM ini, Pemprov Kalsel juga perlu mengapresiasi kepala daerah kabupaten dan kota. Terutama, pada prestasi capaian tingkat partisipasi masyarakatnya tinggi dalam bervaksin.

“Begitu pula, kepala daerah kabupaten atau kota, perlu mengapresiasi camat, lurah, kepala desa, hingga RT atau jamaah pengajian hingga institusi pendidikan sekolah/pesantren bahkan perguruan tinggi yang  partisipasinya warganya tinggi dalam mengikuti vaksin Covid-19,” papar sosiolog antropolog lulusan UGM Yogyakarta ini.

BACA JUGA : Tren Pandemi Covid-19 Kalsel Turun, Tim Pakar ULM Ingatkan Mutasi Virus Corona

Nasrullah menyarankan agar apresiasi itu dapat dalam bentuk seremoni pemberian piagam penghargaan, cenderamata hingga publikasi di media massa.

“Untuk itu, kami menyarankan agar perlu percepatan dengan memberikan penghargaan bagi kepala daerah yang cepat mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) lewat program vaksinasi. Hal itu tentu sangat bernilai bagi kepala daerah yang berhasil dalam program vaksinasi Covid-19,” pungkas Nasrullah.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.