Persiapan Pembentukan SDGs Center Kalsel, Sebuah Kesiapan dalam Menyambut IKN

0

Oleh : Lyta Permatasari

KEKAYAAN Kalimantan Selatan (Kalsel) tak hanya pada sumber daya alamnya, namun juga potensi sumber daya manusia, budaya dan kearifan lokal yang sangat Melayu.

BAGI orang di luar Kalsel, ini adalah magnet pariwisata yang sangat kuat, namun bagi orang Kalsel sendiri ini adalah potensi kekayaan yang belum dipoles secara maksimal di banyak titik potensi. Kehadiran pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) mengantarkan parameter-parameter penting tentang keberlanjutan bila dikoneksikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) akan menghasilan grand desain pengembangan wilayah yang sangat berwarna dan pastinya modern. Bila hal ini disandingkan dengan kehadiran ibukota negara (IKN) baru.

Langkah penting apakah yang harus disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota, khususnya di Kalimantan Selatan?

1. Hadirkan Super Leader di Struktural Daerah

Menghadirkan sosok super leader di tampuk kepemimpinan struktural daerah adalah sangat penting. Ini menjadi kunci keberhasilan Kalsel dan Kabupaten/kota dalam membangun daerah. Sebab seorang pejuang bila ditempatkan di manapun dia pasti akan  berbuat maksimal dengan mempertimbangkan faktor-faktor pengungkit yang realistis, punya ide dan inovasi, bergerak maju dalam kolaborasi yang efektif.

BACA : Borneo Muda Desak Kepala Badan Otorita IKN Figur Dari Kalimantan

Bila siapa saja bisa memegang jabatan struktural dan dia bukan leader, maka jalan birokrasi akan lambat dan sulit mencapai target  apalagi kalau kita berbicara tentang target keberlanjutan dimana fungsi-fungsinya terukur dengan jelas dan tidak bisa lambat karena selalu punya target waktu.

2. Kolaborasi Multifihak dalam Semangat Partnership in Development

Kedengarannya sederhana, kemitraan dalam pembangunan. Namun daya jangkaunya bisa merangkul separuh bumi. Itulah makna partnership yang sesungguhnya. Di saat informasi teknologi (IT) telah mengakar dan mengular di tengah kehidupan manusia, maka hidup seakan borderless (tanpa jarak). Situasi ini merupakan keuntungan sekaligus efisiensi bila diarahkan dengan tepat dan SDGs adalah salah satu arah yang tepat itu.

Diskusi SDGS Center Kalsel yang dihelat Pemprov Kalsel. (Foto : Istimewa/Lyta Permatasari).

3. Kalsel dan Hadirnya IKN (Ibukota Negara Baru)

Pulau Kalimantan kini sedang menjadi primadona kewilayahan bukan saja karena pilihan Presiden Joko Widodo ternyata jatuh ke Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibukota Negara (IKN) Baru. Namun, karena memang Kalimantan sangat cukup siap sumber daya alamnya sebagai sebuah ibukota. Bentang alamnya sangat luas dan kaya keanekaragaman hayati. Suhu udara stabil walau tidak terlalu dingin dan bebas gempa. Tidak ada gunung berapi aktif.

BACA JUGA : Ada Dua Proyek Besar Nasional di Kalimantan, Potensi Pekerjaan Konstruksi Lulusan SMK dan PT Terbuka

Kalimantan yang aman merupakan harapan baru bagi Indonesia. Sebentar lagi IKN akan terwujud oleh karenanya perencanaan wilayah di daerah penyangga IKN harus selaras dengan desain IKN itu sendiri. Kalau dirancang sedari awal, pasti bisa menghasilkan desain yang sempurna. Tak seperti Jakarta yang keburu sibuk dan sesak baru kemudian di pikirkan desain kotanya. Hal ini sesuai dengan konsep SDGs 11.

4. Universitas Lambung Mangkurat dan Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan merupakan dua lembaga  penting yang dengan kolaborasinya diharapkan bisa merangkul segenap stakeholder. Mereka bisa turut serta masuk dan maju bersama dalam program-program keberlanjutan dan mengakar pada budaya lokal. Namun, juga membangun secara tepat di sektor-sektor potensial yang mengangkat kesejahteraan rakyat sebagai daya ungkit sosialnya. Semoga SDGs center segera terbentuk dan Kalsel yang siap menjadi penyangga ibukota negara baru yang modern dan akseleratif.(jejakrekam)

Penulis adalah Penggiat Komunitas Birokrat Menulis

Staf Pengajar S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.