Lanal Banjarmasin Gelar Donor Darah Plasma Konvalesen dan Serbuan Vaksin

0

TINGGINYA permintaan darah plasma konvalesen selama pandemi Covid-19, membuat ketersedian darah di PMI berkurang. TNI AL-Lanal Banjarmasin bekerja sama dengan Komando Armada II (Koarmada) dan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Banjarbaru menggelar donor darah di Mako Lanal Banjarmasin, Jalan A Yani, Km 3,5.

DONOR Darah serentak diikuti 84 orang Prajurit TNI-AL, PNS, masyarakat Maritim (Pesisir) dan personel perwakilan dari unsur TNI – Polri di wilayah Kalsel. Dengan 63 orang lolos screaning dan berhasil mendonorkan darahnya.

Disiarkan secara langsung melalui video conference dari Jakarta, dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM dengan didampingi Ketua PMI pusat Muhammad Jusuf Kalla. Kegiatan donor darah serentak diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL se Indonesia.

BACA: Vaksinasi ke-2 Digelar TNI AL dan Lanal Banjarmasin di Puskesmas Takisung

Ketua panitia pelaksana, Pjs KA BP (Balai Pengobatan) Lanal Banjarmasin Mayor Laut (K/W) dr Meutia Indrasakti, mengucapkan terimakasih kepada warga pesisir yang bersedia mendonorkan darah untuk membantu pemulihan kesehatan akibat dampak wabah Covid-19.

“Donor darah serentak ini akan menambah kekurangan stok darah PMI di Wilayah Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Selain donor darah TNI-AL Lanal Banjarmasin juga melaksanakan Serbuan Vaksinasi tahap ke-2 bagi Prajurit (Keluarga Besar TNI AL), PNS, usia remaja dan masyarakat Maritim (Pesisir). Sebagai upaya percepatan penanganan wabah di tanah air, khususnya di Kalsel, agar terwujud pemulihan ekonomi dan bangkit menuju tatanan kehidupan yang baru, aman dan sehat.

Melibatkan Tim Nakes (Vaksinator) gabungan dari Balai Pengobatan Lanal Banjarmasin dan Poltekes Kemenkes Kota Banjarmasin sebanyak 19 orang, 445 orang berhasil divaksin dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

BACA JUGA: Kenang Jasa Para Pahlawan, Jalasenastri Lanal Banjarmasin Ziarah ke Taman Makan Pahlawan

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, MTr Hanla menjelaskan, TNI AL – Lanal Banjarmasin akan terus berkomitmen melaksanakan program Serbuan Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Sesuai dengan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM.

“Diperlukan kesadaran diri sendiri dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan digelarnya vaksinasi massal semoga bisa terhindar dari penularan Covid-19, dan kami mengajak warga segera bervaksin di tempat yang sudah ditentukan,” papar Danlanal

Sebagai bentuk apresiasi kepada tenaga kesehatan, Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA ll Ny Farrah Herbiyantoko beserta pengurus Jalasenastri Lanal Banjarmasin, memberikan Souvenir, pemberian hadiah ini dalam rangka rangkaian HUT Jalasenastri yang ke- 75.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.