Pelanggar Lalu Lintas Siap-siap Kena Tegur, 8 Persimpangan di Tabalong Dipasang ATCS

0

PERANGKAT area traffic control system (ATCS) berupa kamera CCTV dan announcer (pengeras suara) yang dipasang di delapan titik persimpangan jalan Kabupaten Tabalong bakal segera difungsikan.

HAL itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur P Manalu. Ia bilang, ATCS beserta perangkatnya akan difungsikan pada pekan kedua bulan Agustus 2021.

“ATCS ini terkontrol di Command Center (CC) Room yang ada di Dinas Perhubungan (Dishub) Tabalong,” ujarnya.

Tumbur mengatakan, CCTV dan pengeras suara tentu berguna untuk mengontrol langsung kondisi di setiap persimpangannya.

BACA JUGA: Tiap Hari, Ada 700 Pelanggar Lalu Lintas Terdeteksi Kamera E-TLE Di Banjarmasin

Bahkan, di persimpangan Tanjung Selatan juga dipasang kamera 360° yang fungsinya untuk mengontrol kondisi persimpangan secara keseluruhan.

“Untuk Cctv, baik yang 360° maupun yang berada ditiap tiang ATCS juga berfungsi untuk merekam setiap pelanggaran lantas dan kejadian laka lantas yang terjadi disekitar,” katanya.

Kelebihan lainnya dari sistem yang terbaru ini, yakni operasional rambu lalu lintas dapat dikontrol cukup melalui CC Room. Karena setiap persimpangan sudah saling terkoneksi.

BACA : Sempat Macetkan Lalu Lintas, Jalan A Yani Km 6 Dipasang Kamera E-TLE

Ia pun berharap, dengan adanya ATCS ini dapat mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang berada di persimpangan yang ada terpasang traffic lightnya. “Harapan kami juga, masyarakat khususnya warga Tabalong bisa lebih tertib lagi dalam berlalu lintas,” pungkasnya.

Delapan titik ATCS itu sendiri diantaranya terpasang di persimpangan Selongan, persimpangan Sulingan, persimpangan Belimbing, Persimpagan Monumen Tugu Obor dan persimpangan depan Tanjung Expo Centre.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.