Sempat Macetkan Lalu Lintas, Jalan A Yani Km 6 Dipasang Kamera E-TLE

0

PEMASANGAN lampu dan kamera pengintai (CCTV) di kawasan Jalan Achmad Yani Km 6, Banjarmasin, Senin (12/4/2021), sempat memacetkan arus lalu lintas. Akses jalan pun menjadi padat di ruas protokol ibukota Kalimantan Selatan.

ANTREAN mengular sempat terjadi pada jam-jam sibuk, terutama pada sore hari. Usut punya usut, ternyata ada kegiatan pemasangan CCTV di atas tiang lampu penerangan jalan umum (PJU).

“Ya, kabarnya ada pemasangan CCTV, karena truk pemasang itu berada di dekat media jalan. Memang, antrean semacam ini biasa, kalau ada kegiatan atau razia kendaraan bermotor,” ucap Husaini, pengendara motor kepada jejakrekam.com, Senin (12/4/2021).

Untungnya, ada petugas dari polisi lalu lintas yang berjaga, sehingga kemacetan menuju arah ke luar kota Banjarmasin tidak terlalu parah. Kemacetan sempat terasa mulai Jalan A Yani Km 3 hingga ke depan Stasiun TVRI Kalsel. Bahkan, beberapa pengendara motor terpaksa naik ke trotoar, guna menghindari kemacetan.

BACA : Informasi E-TLE Banjarmasin Di 7 Titik Beredar, Dirlantas Polda Kalsel Pastikan Hoaks

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (Keselamatan Jalan) Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Slamet Bedjo menyebut pemasangan CCTV itu merupakan program dari Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel.

Pemasangan CCTV ini untuk penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik dengan merekam data para pelanggar melalui kamera pengintai yang tajam tersebut.

Di Banjarmasin sendiri, untuk sementara ada tiga kawasan yang menerapkan E-TLE yakni perempatan Hotel Mentari di Jalan Pangeran Samudera-Lambung Mangkurat, persimpangan Jalan Lambung Mangkurat, dan Jalan Ahmad Yani Kilometer 6.

“Untuk pemasangan CCTV dari proyek Dishub Banjarmasin, kami pastikan tidak ada lagi. Kemungkinan itu milik Polda Kalsel,” ucap Slamet Bedjo lagi.

BACA JUGA: Ancang-Ancang Penerapan Tilang Elektronik, Ditlantas Polda Kalsel Pasang Kamera Di Tiga Titik

Ia menyebut untuk CCTV yang dipasang Dishub Kota Banjarmasin berada di kawasan Jalan Gatot Subroto, persimpangan Jalan Anang Adenansi (Kamboja), perempatan Jalan Jafri Zamzam-Jalan Sutoyo S (dekat Tower PDAM), serta perempatan Jalan Brigjen H Hasan Basry-Jalan Cemara Raya atau dikenal dengan persimpangan Tulip.

“Nah, selain itu, Dishub tidak memasang CCTV lagi. Begitupula, Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan, setahu saya,” kata Slamet Bedjo.

Sayanngya, jejakrekam.com belum mendapat informasi dari Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo. Saat dikirim pesan pendek via WA, belum ada jawaban hingga berita ini ditayangkan.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria/Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.