Digarap Jadi Tempat Wisata Kuliner, TPS Belitung Darat Ditutup Total

0

TEMPAT Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Banjarmasin kembali ditutup. Kali ini lokasinya berada di Jalan Belitung Darat, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

KEPALA Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki menjelaskan TPS tersebut bakal disulap menjadi kawasan kuliner.

Hal itu sesuai permintaan dari pemilik tanah di tempat tersebut. “Kata si pemilik, untuk membangun jembatan yang nantinya menjadi akses menuju tempat kuliner. Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka harus ditutup,” ucapnya.

Dengan ditutupnya TPS tersebut, aktivitas pembuangan sampah terpaksa harus dialihkan ke tempat terdekat. Lokasinya yakni di TPS depan Gedung Aula Navigasi Jalan Belitung Darat. “Armada pun juga dialihkan ke sana,” kata pria yang kerap disapa Zek ini.

BACA JUGA: TPS Veteran-Pramuka Masih Ditumpuki Sampah, DLH Siap Layangkan Sanksi Tegas

Di kawasan Belitung Darat kini tertinggal sebanyak 6 TPS. Zek mengaku pihaknya kesulitan mencari lahan untuk dijadikan TPS. Pasalnya, keberadaan TPS kerap bersinggungan dengan kawasan permukiman warga.

“TPS yang ada di kawasan Jalan Belitung Darat, misalnya. Rata-rata, kami memakai badan jalan. Padahal dalam sehari, ada 12 ton sampah yang diangkut,” ujarnya.

BACA JUGA: TPS Kuripan Ditutup, Warga Diminta Buang Sampah di Eks Pasar Buah Pengambangan

Ia berkata saat ini belum ada lahan yang sesuai dengan keinginan pihaknya untuk dibeli. Padahal, andai ada lahan yang cocok, pembangunan TPS pun bisa dilakukan dengan cepat. “Ada lahan, tapi terlalu luas. Kami terkendala dana,” pungkasnya.

Pantauan jejakrekam.com di lokasi, eks lokasi TPS tersebut sudah ditutup total. Selain itu, spanduk bertuliskan larangan membuang sampah juga sudah dipasang. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.