TPS Veteran-Pramuka Masih Ditumpuki Sampah, DLH Siap Layangkan Sanksi Tegas

0

MESKI sudah dilarang oleh pemerintah, sejumlah warga masih saja ngotot membuang sampah di TPS kawasan Veteran dan Pramuka. Hal ini terbukti dari masih adanya tumpukan limbah rumah tangga di dua lokasi tersebut, pada Jum’at (16/4/2021).

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar, juga tak menepis dengan adanya fakta ini. Hanya saja, ia menyebut warga yang membuang jumlahnya cenderung lebih sedikit ketimbang beberapa hari sebelumnya.

“Memang masih ada. Tetapi mungkin hanya satu atau dua orang saja,” ucapnya saat dikonfirmasi media ini.

Menurutnya, kondisi ini terjadi lantaran TPS di lokasi eks Pasar Buah hanya dibuka saat jam aktivitas warga membuang sampah (pukul 20.00-06.00 Wita).

Kondisi itu memungkinkan warga tak bisa membuang sampah di TPS eks Pasar Buah. “Karena pagi ditutup di TPS Pasar Buah itu. Jadi mungkin mereka yang pakai sepeda motor ini langsung membuang sembarangan,” ujarnya.

BACA JUGA: TPS Kuripan Ditutup, Warga Diminta Buang Sampah di Eks Pasar Buah Pengambangan

Di satu sisi, jika TPS eks Pasar Buah tersebut dibuka lebih lama alias diperpanjang di luar jam aktivitas warga membuang sampah. Mukhyar khawatir sampah-sampah di TPS itu akan meluber.

Selain itu, TPS Veteran dan Pramuka ditumpuki sampah yang sudah ditutup itu lantaran tak ada lagi penjagaan dari petugas Satpol PP.

Apakah ke depan akan kembali dipasangi petugas jaga di kawasan tersebut? Mukhyar bilang tak perlu. Sebab, terhalang dengan anggaran.

“Kalau kita jaga terus tidak selesai-selesai. Tenaganya pula terbatas, anggarannya terbatas,” tuturnya.

BACA JUGA: Kerap Meluber ke Jalan, TPS Veteran-Pramuka Ditutup Permanen

Jika kondisi seperti ini berkelanjutan, Mukhyar menegaskan, bukan tidak mungkin sanksi akan dijatuhkan. Terlebih, dalam Perda Kota Banjarmasin Nomor 21 tahun 2011, warga dilarang membuang sampah di luar jam 20.00-06.00 Wita.

“Kalau ke depannya, tinggal menunggu sanksi aja lagi sanksi itu. Akan ada operasi yustisi nanti,” tegasnya.

Ia pun berharap ketaatan warga Banjarmasin untuk membuang sampah pada tempatnya semakin meningkat. Mukhyar meminta warga tidak lagi melakukan aktivitas membuang sampah di TPS yang sudah ditutup. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.