Satui Dilanda Banjir, Safrizal Minta Pengungsi Diutamakan

0

PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA meninjau langsung lokasi banjir di Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (16/05/2021).

BERTOLAK dari Bandara Syamsudin Noor, Safrizal didampingi Kepala BPBD Provinsi Kalsel Mujiat. Menggunakan helikopter BNPB pukul 100 WITA, menuju lokasi banjir yang terjadi sejak Kamis (13/05/2021) .

Setiba di lokasi, Safrizal yang ingin melihat kondisi korban banjir di pengungsian. Setelahnya langsung melakukan Rapat Koordinasi dengan Wakil Bupati Tanbu, Forkopimda setempat serta Kalaksa BPBD Tanbu dan Camat Satui.

BACA: Jalan Provinsi Km 181 Tanah Bumbu, Direndam Banjir

Pada kesempatan itu, Safrizal menyampaikan arahan terkait penanganan banjir, yang di wilayah itu tercatat sudah 88 KK atau 324 jiwa masih bertahan di pengungsian.

Saat ini, lokasi pengungsian berada di SMP 4 Sinar Bulan dan bangunan Majelis Taklim Sungai Danau. Sebagian warga mengungsi ke rumah keluarga.

Dalam arahanya, Safrizal minta penanganan lintas sektor pascabencana yang melibatkan TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, perusahaan dan komunitas lain seperti PMI dan Satgas Bencana.

Selain itu, ia minta penanganan pengungsi diutamakan. Diketahui, SMPN 4 Satui memiliki 15 ruangan, 9 ruang diantaranya terpakai untuk pengungsi. Satu ruangan ceria anak dan pendampingan psikologi anak, yang dilakukan petugas terlatih, serta peralatan kesehatan.

BACA JUGA: Datang ke Satui, Bupati Tanbu Paparkan Rencana Program Relokasi Warga Terdampak Banjir

Diharapkan laporan yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah, provinsi dan pusat dapat secara akurat

Selain lokasi pengungsian, dengan ikut makan siang bersama Safrizal juga meninjau dapur umum. Itu untuk memastikan menu konsumsi yang diberikan untuk masyarakat pengungsi layak dan sehat.

Turut makan siang bersama Wakil Bupati Tanbu, Dandim 101/Antasari, Polres Tanbu, Kalaksa BPBD Provinsi Kalsel dan Kalaksa BPBD Tanbu serta relawan kebencanaan.

Diketahui, BPBD Provinsi dan Kabupaten, Dinas Sosial serta para relawan, turut membantu evakuasi dan penyaluran bantuan tanggap darurat untuk korban terdampak.

Banjir di Kecamatan Satui melanda enam desa, yaitu Desa Sungai Danau, Sinar Bulan, Satui Timur, Satui Barat, Jombang dan Sejahtera Mulia.(jejakrekam)

Penulis asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.