Ketat Terapkan Prokes Covid-19, Ponpes Dalam Pagar Kandangan Raih Penghargaan Kemenkes

0

KETAT menerapkan protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), ternyata berbuah baik bagi Pondok Pesantren Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

TERBUKTI, sekolah yang mencetak para ustadz di Jalan Al Falah, Kandangan Kota, Kabupaten HSS ini pun meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan‎ (Kemenkes) RI.

“Alhamdulillah, Ponpes Dalam Pagar Kandangan, satu-satunya pesantren di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI,” ujar perwakilan Ponpes Dalam Pagar Kandangan, Ustadz Muhammad Lutfi kepada awak media, Kamis (19/11/2020).

Ia menegaskan dalam mendukung penerapan prokes penanganan Covid-19, pada awal masuk ponpes, seluruh santri diwajibkan mengikuti rapid test.

BACA : Bhabinkamtibmas Polsek Banjarbaru Barat Himbau Warga Terapkan Prokes

Dengan uji cepat ini, bagi santi yang non reaktif, bisa langsung mondok. Sedangkan, bagi yang reaktif dikembalikan ke rumahnya dan menjalankan karantina mandiri.

“Ketentuan itu dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah daerah melalui Puskesmas Kandangan,” ujar Lutfi.

Kemudian, beber dia, pada waktu istirahat, semua santri diwajibkan untuk menjaga jarak yang telah ditetapkan oleh pihak pondok. Bahkan ketika makan dibuat peraturan tidak boleh saling bergantian alat-alat makan, seperti piring, sendok‎ dan cangkir atau gelas.

“Kami juga menyiapkan vitamin C bagi satri untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat dan sehat, selama beraktivitas di pondok,” bebernya.

BACA JUGA : Awal Tahun 2021, Pembelajaran Tatap Muka di Kelas Mulai Diberlakukan Disdik HSS

Guna mengantisipasi hal lain, Lutfi mengatakan  dalam penanganan Covid-19 selama di dalam ponpes, ‎setiap pagi melakukan senam kesehatan, seperti senam pernapasan sambil berjemur di bawah sinar matahari.

“Dengan menerapkan prokes pencegahan Covid-19, Ponpes Dalam Pagar Kandangan mendapat penghargaan dari Kemenkes RI, karena tutut membantu penanganan Covid-19,” kata Lutfi.(jejakrekam)

Penulis A Firman
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.