Kerap Diadang Preman, Petani Sawit Desa Harapan Maju Sampaikan Keluhan Kepada Cuncung

0

CALON Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Syafruddin H Maming mendengar langsung sejumlah keluhan petani sawit saat kampanye di Desa Harapan Maju Sejahtera, Kecamatan Karang Bintang, Kalimantan Selatan, Selasa (6/10/2020) pagi.

SEBELUMNYA
kedatangan Syafruddin H Maming dan rombongan disambut oleh musik dan tarian tradisional Bali oleh warga, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Antusias warga mengikuti kampanye pasangan calon nomor urut 1 Syafruddin H Maming-M Alpiya Rakhman (SHM-MAR) ini terlihat jelas.

BACA : Tak Diragukan Lagi, Ini Bukti Kecintaan Cuncung Kepada Para Habaib

Meski hujan lebat turun di sela-sela kampanye kakak Ketua BP HIPMI Mardani H Maming itu, namun masyarakat tetap rela bertahan menyimak visi misi dan program unggulan SHM-MAR.

Dalam kampanye SHM-MAR itu, Syafruddin H Maming merasa prihatin ketika mendengar keluhan petani Desa Maju Sejatera, Kecamatan Karang Bintang tersebut.

Pasalnya, petani sawit mengeluhkan hasil panennya dibeli relatif murah dari perusahaan sekitar.

BACA JUGA :  Unggul Dibanding Paslon Lainnya, Cuncung-Alpiya Diprediksi Memenangkan Pilbup Tanbu

Disamping itu, petani sawit Karang Bintang juga mengeluhkan hasil panennya tidak bisa dijual keluar desa lain.

Petani sawit Desa Maju Sejatera mengaku diadang oknum-oknum yang tak bertanggung jawab jika hendak membawa hasil panennya untuk dijual ke desa lain.

Salah seorang petani sawit mengungkapkan praktek cegat truk hasil panen itu terjadi lima tahun belakangan ini.

Setiap truk yang membawa sawit dicegat oleh oknum, lalu disuruh berputar arah menuju pabrik tertentu yang lokasinya lebih jauh.

Kondisi itu tentu merugikan para petani sawit Karang Bintang. Sebab hasil buah yang dijual ke pabrik sudah tidak segar dan relatif busuk.

BACA LAGI : Ingin Mengulang Memori Pilpres, Desa Sekapuk Targetkan 80 Persen Suara Untuk Cuncung Dan Alpiya

“Iya harganya juga turun. Kan buah sawitnya tidak segar lagi,” kata  Wayan Sumerta, salah seorang petani sawit Desa Maju Sejahtera.

Mendengan keluhan seperti itu, Syafruddin H Maming meminta warga untuk segera melapor jika hal itu kembali terulang.

“Mulai hari ini jika ada oknum yang menghambat atau melarang untuk menjual ke luar, maka silahkan lapor ke kami,” kata Syafrudin H Maming (SHM), mantan Anggota DPRD Kalsel Priode 2014-2019 yang terpilih ke DPR RI ini.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.