Pariwisata Diprioritaskan jadi Lini Bisnis Andalan Kabupaten Barito Utara

0

PEMERINTAH Kabupaten Barito Utara, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) terus mengembangkan tiga objek wisata unggulan di antara 52 destinasi wisata yang tersebar di sembilan kecamatan di di Barito Utara.

PELAKSANA Tugas Kepala Disbudparpora Barito Utara, Annisa Cahyawati, Selasa (6/10/20020) mengatakan, tiga objek wisata di daerah ini menjadi obyek wisata andalan yang telah menjadi salah satu sumber pedapatan asli daerah .

Menurutnya, ketiga objek wisata unggulan yaitu DAM Trinsing dan Bumi Perkemahan Panglima Batur masing-masing di Kecamatan Teweh Selatan serta Air Terjun Jantur Doyan di Kecamatan Lahei Barat di Kilometer 18 Jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu.

Pembangunan kepariwisataan sebagaimana pembangunan di sektor lainnya, melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat yang ada, dengan segenap peran dan fungsinya masing-masing.

Sektor pariwisata di daerah ini kata dia,  diharapkan dapat mengangkat kehidupan masyarakat, karena sektor ini mampu menggerakkan roda perekonomian di segala lapisan masyarakat dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Parkir Objek Wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur Dipertanyakan Warga

“Pariwisata mampu mendorong pertumbuhan dan pengembangan wilayah. namun dalam upaya pengembangan pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebagai upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat tersebut, pemerintah secara sistematis berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan.

BACA JUGA: Warga Barut yang Bandel Prokes Disanksi Menyapu Jalanan hingga Nyanyi

Kepariwisataan ini menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara untuk lima tahun ke depan. 

“Untuk itu mari kita bersama-sama memajukan objek wisata kita.Mundahan dengan kerjasama yang baik seluruh cita-cita untuk membangun daerah khusus di sektor pariwisata akan tercapai, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan membangun daerah kita ini,” pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.