Pertama di Banua Anam, RSUD Pambalah Batung Punya Perangkat Tes Virus Corona

0

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai akhirnya memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk keperluan pengetesan sampel Virus Corona (Covid-19).

MENURUT Direktur RSUD PB Amuntai, dr Moch Yandi Priyandi, perangkat PCR ini dibeli pemkab dengan menggunakan dana APBD. Dalam beberapa waktu lagi, alat tersebut dapat digunakan dengan persetujuan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

“Kita sudah usulkan izin, tinggal menunggu rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel. Kemungkin pertengahan bulan September bisa sudah keluar dan dapat kita operasikan alat tersebut,” sebutnya.

BACA JUGA: Bantu RSUD Pambalah Batung, Syaifullah Tamliha Sumbang APD dan Kantong Mayat

Yandi mengatakan, dengan didatangkannya alat PCR ke HSU, maka RSUD PB Amuntai menjadi daerah pertama di Banua Anam yang memiliki alat tersebut.

“Ini rumah sakit milik pemerintah yang pertama memiliki alat PCR di Banua Anam hanya RSUD PB Amuntai,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk petugas di laboratorium PCR, Yandi mengatakan sudah ada 7 tenaga kontrak dan ditambah aparatur sipil negara (ASN) 2 orang.

“Kami akan membuka peluang bagi puskemas siapa yang berminat bergabung untuk bertugas di laboratorium PCR,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.