Tersisa Sampai Besok Pagi, Pemenang Lelang Aset Pemkot Segera Diumumkan

0

PEMKOT Banjarmasin bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mulai melakukan penjualan lelang melalui internet (closed bidding).

BERDASAR catatan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, ada 53 kendaraan dari berbagai jenis. Rinciannya, 41 unit roda dua, 5 unit roda tiga, 3 unit minibus, dan 4 unit ambulance.

Dari data yang diterima jejakrekam.com, nominal yang dibuka pun beragam. Termurah mulai dari Rp 183 ribu (sepeda motor tanpa surat) sampai paling tertinggi berada di kisaran Rp 31 juta yakni minibus.

Kasubid Pemanfaatan, Penilaian dan Penghapusan Aset Bakeuda Banjarmasin Muhammad Haris Arsyad mengungkapkan, penjatuhan nominal harga itu sesuai dengan kondisi fisik serta kelengkapan surat kendaraan.

“Ada yang dari tahun 1994 sampai tahun 2007 yang paling muda,” ujar Haris kepada awak media di Banjarmasin, Rabu (16/9/2020).

BACA : Beli Bahan Kimia hingga Penyusutan Nilai Aset, Laba PDAM Bandarmasih Alami Penurunan

Haris menjelaskan, pelelangan puluhan kendaraan dinas milik Pemkot Banjarmasin lantaran sudah tidak optimal lagi. Di samping itu, menurutnya, juga cukup sulit untuk diperbaiki kembali.

Lebih jauh, jika semua aset itu terjual. Kalkulasi lelang pertama di tahun 2020 ini, minimal Pemkot Banjarmasin meraup keuntungan sekitar Rp 77.125.000.

Haris menjelaskan, setiap peserta dapat mengikuti lelang tersebut melalui situs resmi lelang.go.id. Para peserta dapat melakukan penawaran langsung di situ tersebut.

“Dia harus membayarkan DP atau uang jaminan sesuai ketentuan yang sudah diatur. Mobil sepeda motor 50 persen dari aset. 20 persen mobil,” ujarnya.

BACA JUGA : Sengkarut Data Aset, Walikota Ibnu Sina : Sudah Dibentuk Tim Khusus Menelusurinya

Lelang ini akan ditutup pada Kamis (17/9/2020) besok, sebelum pukul 08.00 WIB atau 09.00 Wita. Ketika sudah memasuki waktu terakhir pelelangan, setelah itu pemenang langsung diumumkan.

“Penetapan di kantor Sekdakot Banjarmasin. Setelah ditentukan pemenang, mereka diberi waktu 5 hari untuk melunasi,” pungkas Haris.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.