Bakal Calon Kepala Daerah di Tanbu-HST Jalani Test Swab dan Urine

0

BAKAL calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Tanah Bumbu menjalani tes kesehatan menyeluruh (medical checkup) di RSUD Ulin Banjarmasin, Selasa (8/9/2020).

SERANGKAIAN pemerikaan kesehatan dijalani bakal calon, seperti tes swab Covid-19 dan pemeriksaan urin untuk memastikan bebas narkoba dari tim dokter RSUD Ulin serta BNN Provinsi Kalsel.

Komisioner KPU Kalsel Hatmiyati Mas’ud mengatakan pihaknya akan menunda tahapan selanjutnya bagi kandidat yang dinyatakan positif Covid-19.

“Jadi bagi calon yang positif Covid-19 secara otomatis ada beberapa tahapan yang tertunda pelaksanaannya, baik yang salah satu kandidat maupun sepasang calon kepala daerah,” ujar dia.

BACA JUGA: Pastikan Negatif Covid-19, Peserta Pilkada Kalsel Jalani Tes Swab di RSUD Ulin

Hatmiyati menyebut dalam petunjuk teknis, penundaan pelakanaan tahapan hingga 14 hari kedepan, sebelum ada hasil tes swab negatif dari Covid-19.

“KPU di daerah akan menerbitkan SK berkaitan dengan tahapan bagi mereka yang positif, pada prinsipnya tahapan Pilkada akan berlangsung bagi calon yang telah melewati proses dan dinyatakan memenuhi syarat,” imbuhnya.

BACA JUGA: Terjangkit Covid-19, Aditya Absen saat Pendaftaran Kontes Pilkada Banjarbaru

Terpisah calon bupati HST Berry Nahdian Furqon berharap hasil tes swab Covid-19 negatif, sehingga bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

“Kita belum diberi tahu satu pun hasilnya, mungkin hasil tes swab langsung diberi tahu, kalau positif langsung karantina,” ucap Berry. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.