Husairi Abdi

Haris Resmi Diusung Gerindra, Uhaib : Basis Suara di Banua Anam Bakal Menjadi Milik Denny

0

KEJUTAN terjadi dalam ajang pemilihan walikota Banjarmasin. Tak disangka tiba-tiba DPC partai Gerindra Kota Banjarmasin mengusung Abdul Harris Makkie berduet dengan Ilham Noor.

ENAM
kursi milik Gerindra di DPRD Banjarmasin ditambah PPP dengan dua kursi dan sokongan dari PBB satu kursi menjadi tiket bagi duet Haris-Ilham untuk bertarung dalam ajang Pilwali Banjarmasin. 

Ketiga partai tersebut menggenapi syarat minimal 20% ambang patas parlemen untuk mengusung calon walikota dan calon wakil Walikota Banjarmasin.

BACA : Tatap Pilwali Banjarmasin, Haris Makkie Ajak Warga Nahdliyin Bergerak Bersama Gerindra

Pakar politik Fisip Uniska MAAB Muhammad Uhaib As’ad berpendapat dengan diusungnya Harris Makkie praktis mengubah total peta persaingan di level kota madya dan Provinsi Kalsel.

“Sejak awal, Golkar Kalsel memang merencanakan Harris Makkie dan Yuni Abdi Nur Sulaiman untuk bertarung di Pilwali Banjarmasin, mereka diharapkan dapat mendongkrak perolehan suara gubernur petahana di kota Banjarmasin,” ucap Uhaib kepada jejakrekam.com, Selasa (18/8/2020).

Niat DPD Golkar Kalsel ini, ucap Uhaib nampaknya tidak direstui di level pengurus pusat. Pekan lalu, DPP Golkar merekomendasikan pasangan Ananda-Musaffa Zakir bersama koalisi gerbong besar PAN dan PKS.

Bukan tanpa alasan, menurutnya, Golkar ngotot mengusung Haris karena Sekdaprov Kalsel tersebut punya daya tawar lebih ketimbang Ananda.

BACA JUGA :  Tawarkan Banjarmasin Bangkit, Haris Makkie-Ilham Noor Siap Tantang Petahana

Sebab, Haris merupakan Ketua PWNU Kalsel dan putera KH Ahmad Makkie yang dikenal punya basis massa yang mengakar di wilayah Banua Anam, yang diharapkan mampu menopang perolehan suara Gubernur petahan pada Pilkada Kalsel 9 Desember mendatang.

Hal tersebut yang tidak dimiliki Ananda yang hanya mengantongi basis massa terbatas di wilayah Kota Banjarmasin.

Doktor jebolan Universitas Brawijaya ini menyebut, dengan diusungnya Haris Makkie oleh Gerindra, praktis basis suara akan dialihkan kepada pasangan Denny-Djifriadi.

Bagi Uhaib hal tersebut secara politis tentu akan menguntungkan Denny Indrayana karena akan mempertebal dukungannya di Pilgub Kalsel, terutama di wilayah strategis Banua Anam. “Saya akui kecerdasan Julak Bidin yang mampu membaca peluang dengan mengusung Abdul Haris Makkie dan Ilham Noor,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Husaini
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.