ACT

APD Petugas Pilkada Telah Tiba, Siap Didistribusikan ke 6 Kabupaten di Kalsel

0 183

BERTUGAS di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), ancaman bakal terjangkit sangat berpotensi bagi petugas penyelenggara pilkada serentak 2020 di Kalimantan Selatan.

PADAHAL, saat ini sudah memasuki tahapan seperti merampungkan verifikasi faktual (verfak) untuk bakal calon perseorangan yang ada di 7 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, terutama pleno di tingkat kecamatan.

Meski untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel, dipastikan tak ada calon dari jalur independen. Drop alat pelindung diri (APD) telah tiba di kantor KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan A Yani Km 3,5 Banjarmasin, Senin (13/7/2020).

Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengatakan ada 10 macam APD yang telah didatangkan dari pemasok untuk petugas penyelenggara pilkada di Kalsel.

BACA : Lanjutkan Tahapan Pemilu Pasca PSBB, KPU Banjarmasin Masih Tunggu Kepastian APD

“APD yang dipersiapkan ini dibantu Pemprov Kalsel dan telah memenuhi standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Sarmuji kepada jejakrekam.com, Senin (13/7/2020).

Pengiriman 10 macam APD tahap pertama ini telah diterima KPU Kalsel. Selanjutnya, pada tahap kedua dan tahap berikutnya akan ditambah, sebelum puncak pelaksanaan pilkada berupa hari pemungutan suara pada Rabu, 9 Desember 2020 mendatang.

BACA JUGA : Sediakan APD Petugas, KPU-Bawaslu Kalsel Minta Tambahan Dana Rp 5,5 Miliar

Sarmuji merincikan 10 macam APD yang menjadi bekal petugas penyelenggara pilkada itu berupa thermo gun, masker kain, sarung tangan plastik, pelindung wajah (face shield), hand sanitizer, alat semprot hingga cairan disinfektan serta plastik pembungkus.

“APD 10 macam ini akan didistribusikan untuk 6 KPU kabupaten dan kota di Kalsel yang tidak menyelenggarakan pilkada. Sedangkan, untuk KPU kabupaten dan kota telah disiapkan masing-masing oleh mereka,” kata Sarmuji.

BACA JUGA : Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19 Terlalu Banyak Risiko yang Harus Dihadapi

Untuk diketahui, 6 kabupaten yang tak menggelar pilkada di Kalimantan Selatan adalah Kabupaten Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Tanah Laut.

Sementara untuk gelaran pilkada dihelat di 7 kabupaten dan kota. Yakni, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, kemudian Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

“Dengan adanya APD bagi petugas penyelenggara pilkada, maka siap untuk menjalankan semua tahapan yang ada hingga puncaknya pada hari H. Secepatnya, APD ini akan segera didistribusikan bagi daerah yang tidak menyelenggarakan pilkada,” tutur Sarmuji yang juga mantan anggota KPU Tapin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor DidI GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.