Gugus Tugas Covid-19 Barito Utara Yakin Pasien Terpapar Corona Bisa Cepat Disembuhkan

0

KASUS terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, walau grafiknya tak melonjak drastis namun terus bertambah. Sejak 21 Maret-14 Juni 2020, totalnya warga Barito Utara positif terinfeksi virus Corona sebanyak 6 orang.

SELAIN itu, terdata pula orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 49 orang dan 22 pasien dalam pengawasan (PDP). Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Barito Utara Siswandoyo mengungkapkan dari enam warga yang terpapar Corona, empat orang di antaranya telah sembuh. Sisanya, satu pasien telah meninggal dunia.

“Sedangkan, satu pasien merupakan warga Barito Kuala, Kalimantan Selatan yang tinggal di Barito Utara,” ucap Siswandoyo kepada jejakrekam.com, Minggu (14/6/2020).

Ia menerangn pada Minggu (14/6/2020), terjadi penambahan kasus positif warga berinisial RS (55 tahun), istri dari S yang meninggal dunia pada Minggu (7/6/2020) lalu.

BACA : Pejabat Pemkab Barito Utara Dirapid Test, Hasilnya Non Reaktif

“Hal ini berdasar informasi Jumat (12/6/2020) malam, baru keluar hsil laboratorium swab PCR dinyatkan konfirmasi positif Covid-19,” ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara ini.

Masih menurut dia, pasien terinfeksi virus Corona lainnya adalah AH (43 tahun), peria yang juga anak buah kapal (ABK) Kapal Pancar Mas berasal dari Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Barito Kuala, Kalsel.

“Yang bersangkutan kini dirawat di RSUD Muara Teweh. Namun, untuk pencatatan kasus dimasukkan ke data Kalimantan Selatan,” kata Siswandoyo.

Ia menegaskan pihaknya terus melakukan rapid test kepada kontak erat dari RS, yakni warga berinisial Sek dan panitia di Dinas Pendidikan Barito Utara sebanyak 75 orang.

BACA JUGA : RSUD Muara Teweh Siap Jadi RS Rujukan Penanganan Corona

Terpisah, Bupati Barito Utara H Nadalsyah meminta agar warganya tidak terlalu panik, tetap tenang namun waspada dengan bertambahnya kasus Covid-19 di daerahnya.

“Patuhi arahan pemerintah dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, itu salah satu kunci mencegah turut terpapar virus Corona,” cetusnya.

Nadalsyah mengingatkan agar setiap kali keluar rumah atau berkegiatan di lapangan mengenakan masker. Kemudian menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Hindari kontak fisik seperti berjabat tangan. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Berperilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan imunitas, makan makanan bergizi, minum suplemen dan beraktivitas fisik,” paparnya.

Ia menegaskan Pemkab Barito Utara dan GTPP Covid-19 sangat serius dan siap untuk menangani pandemi virus Corona di daerah.

“Yakinlah penderita Covid-19 dapat disembuhkan. Jangan diberi stigma negatif pada penderita, dukung dan kasih semangat mereka. Semoga pandemi Covid–19 akan segera berlalu,” pungkasnya.(jejakrekam) 

Penulis Syarbani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.