Terjangkit Covid-19, IDI Kalsel Kembali Kehilangan Dokter Senior Spesialis Bedah

0

KABAR duka menggelayut tim medis Kalimantan Selatan. Salah satu dokter senior DR dr H Heru Prasetya, SpB, SpU menghembuskan napas terakhir usai berjuang melawan Covid-19 di RSUD Ulin Banjarmasin, Senin (8/6/2020).

DOKTER spesialis bedah urologi ini sempat dirawat intensif di RSUD Ulin Banjarmasin, namun akhirnya ajal menjemput. Dokter spesialis bedah ini pun berpraktik di RS Sari Mulia Banjarmasin tutup usia saat berada di Ruang ICU Covid-19 RSUD Ulin Banjarmasin, Senin (8/6/2020), pukul 06.35 Wita.

Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel, Dr dr Iwan Aflanie membenarkan rekannya telah meninggal dunia usai dirawat selama dua pekan di RSUD Ulin Banjarmasin, akibat serangan virus Corona.

BACA : Dokter Spesialis Paru Senior Di Kalsel Meninggal Dunia Diduga Terpapar Corona

“Selama ini, almarhum memang beraktivitas di RSUD Ulin Banjarmasin dan rumah sakit swasta jadi sangat rentan kontak fisik dengan pasien. Kami merasa kehilangan rekan kami yang merupakan ahli bedah itu,” ucap Iwan Aflanie saat dikonfirmasi jejakrekam.com, Senin (8/6/2020).

Ia pun berharap agar masyarakat Kalsel juga mendoakan keluarga almarhum, yakni istri dan anaknya juga tengah dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin agar diberi kesembuhan.

Menurut Aflanie, apa yang dialami rekannya merupakan risiko pekerjaan seorang dokter dalam menyelamatkan banyak nyawa.

“Kabar almarhum dirawat di RSUD Ulin, sudah lama kami ketahui. Kami berharap tidak ada lagi rekan-rekan dokter yang menjadi korban infeksi Covid-19,” tutur Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Wafatnya pahlawan medis di Kalsel menambah daftar panjang jika para dokter pun juga rentan tertular Covid-19. Sebelumnya, dokter spesialis paru senior dr H Hasan Zain juga berjuang melawan serangan Covid-19, meski akhirnya takdir berbicara lain.

BACA JUGA : IDI Kalsel Buka Donasi Untuk Tim Medis, Terkumpul Dana Rp 161 Juta

Begitupula, gara-gara diduga terjangkit Covid-19, Ketua Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kalsel, drg Gunawan Oentaryo juga meninggal dunia, usai dirawat insentif di rumah sakit terbesar di Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.