KNPI Kalsel Sediakan Sembako Bagi Pendonor Darah di PMI Banjarmasin

0

SEBAGAI salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat dan mendukung program Palang Merah Indonesia (PMI), DPD KNPI Kalsel turut berupaya untuk meningkatkan stok darah.

SALAH satunya adalah dengan memberikan bantuan sembako gratis untuk masyarakat pra-sejahtera yang melakukan donor darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjarmasin.

Ketua KNPI Kalsel Fazlur Rahman mengajak pemuda, OKP, dan masyarakat turut mendonorkan darahnya demi menjaga stok ketersediaan darah di Banjarmasin.

“Kita memberikan sumbangan kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya,jadi sifatnya stimulus, walaupun jumlahnya hanya 40 paket untuk hari ini, kita melihat dulu respon masyarakat nanti dengan adanya stimulus orang-orang berbondong untuk melakukan darah,” ucap Fazlur kepada jejakrekam.com, Senin (8/6/2020).

BACA : Stok Menipis, PMI Banjarmain Ajak Masyarakat Donor Darah

Dia meyakini masyarakat Kalsel merupakan masyarakat dengan rasa sosial tinggi, walau tanpa ada pamrih, masyarakat akan mendonorkan darahnya demi membantu sesama.

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin dr Aulia Ramadhan Supit mengharapkan masyarakat untuk turun untuk mendonorkan darahnya, mengingat persediaan saat ini masih belum stabil untuk kebutuhan rumah sakit di Banjarmasin.

“Karena suasana wabah Covid-19 orang-orang masih agak takut, oleh karena itu kita akan semakin giat lagi setiap hari untuk membantu mensosialisasikan,” kata Rama.

BACA JUGA : Prajurit Korem 101/Antasari Donor Darah Di Tengah Wabah Covid-19

Dia mengatakan berdasarkan data pendonor dari PMI Banjarmasin didominasi wajah baru. Rama menduga masyarakat yang biasanya rutin donor darah masih agak khawatir dengan kondisi Pandemi Covid-19, padahal syarat untuk mendonor hanya butuh dalam kondisi sehat.

Dia menjelaskan stok golongan darah tertentu masih terbilang aman untuk dipenuhi, kecuali golongan darah dengan rhesus negatif yang terbilang langka di Banjarmasin. “Ditambah dengan kegiatan donor darah di luar, warga yang turun donor darah sekitar 100 kantong per hari,” kata Rama.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.