Presiden Jokowi Bakal Kerahkan Aparat di Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Siap Jalankan ‘New Normal’

0

RENCANA hidup normal kembali atau ‘new normal’ pada awal Juni mendatang sepertinya benar-benar digarap serius oleh pemerintah pusat.

INI terbukti dari langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan mengerahkan 340.00 personel TNI-Polri yang disebar di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota se-Indonesia, termasuk Banjarmasin.

Ratusan ribu aparat tersebut diturunkan untuk mendisiplinkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Mereka akan mengawasi 1.800 titik keramaian mulai dari pasar, mal, hingga tempat pariwisata.

Memang hingga saat ini, keputusan untuk menjalankan hidup normal baru tersebut masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Pasalnya, kini pandemi yang masih belum terkendali membuat banyak orang khawatir akan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di tengah penerapan ‘new normal’.

BACA : Jika Terapkan ‘New Normal’, Polda Kalsel Fokus Disiplinkan Warga Taati Protokol Covid-19

Di sisi lain, ‘new normal’ diperlukan untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia yang semakin terpuruk.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan siap untuk menjalankan hidup normal baru. Ia menyebut ‘new normal’ tersebut merupakan istilah hidup berdamai dengan Covid-19.

Meski begitu, Ibnu Sina mengatakan masih harus menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait status darurat nasional yang bakal berakhir pada 29 Mei 2020 mendatang.

“New normal masih menunggu pemerintah pusat, di mana pada 29 Mei 2020 nanti akan berakhir status darurat nasional. Setelah itu, apabila dicabut, kita akan menjalankan kehidupan normal seperti biasa,” ujar Ibnu Sina kepada awak media di Banjarmasin, Selasa (26/5/2020).

Orang nomor satu di Balai Kota itu menyebut, apabila status darurat nasional dicabut dan dilanjutkan dengan ‘new normal’ oleh pemerintah pusat. Maka yang menjadi panglima buka lagi tim kesehatan, melainkan semua aspek.

“Kita mulai berdamai dengan virus (corona) ini. Kita berupaya agar aspek ekonomi dan sosial tetap berjalan normal,” tutur Ibnu Sina.

BACA JUGA : Hati-Hati Lonjakan Kasus Corona, Warga Pasar Di Banjarmasin Diingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

Mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini berharap agar masyarakat nantinya dapat patuh dan mampu menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Karena hal tersebut yang merupakan kunci sukses dalam penerapan new normal.

Berikut 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang diminta Presiden Jokowi:

Provinsi:

1. DKI Jakarta

2. Jawa Barat

3. Sumatera Barat

4. Gorontalo

Kabupaten/Kota:

1. Kota Pekanbaru

2. Kota Dumai

3. Kabupaten Kampar

4. Kabupaten Pelalawan

5. Kabupaten Siak

6. Kabupaten Bengkalis

7. Kota Palembang

8. Kota Prabumulih

9. Kota Tangerang

10. Kota Tangerang Selatan

11. Kabupaten Tangerang

12. Kota Tegal

13. Kota Surabaya

14. Kota Malang

15. Kota Batu

16. Kabupaten Sidoarjo

17. Kabupaten Gresik

18. Kabupaten Malang

19. Kota Palangkaraya

20. Kota Tarakan

21. Kota Banjarmasin

22. Kota Banjarbaru

23. Kabupaten Banjar

24. Kabupaten Barito Kuala

25. Kabupaten Buol (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.