Inilah Cara Menghilangkan Formalin di Mie, Tahu dan Ikan

0

FORMALIN adalah bahan kimia berbahaya yang kerap dicampurkan ke makanan oleh pedagang curang. Sebagai konsumen kita pun jadi waswas, takut bila tanpa sengaja membeli makanan berformalin dan meracuni diri dan keluarga sendiri.

UNTUNGNYA, ada cara untuk menghilangkan kadar formalin dari makanan seperti dikutip dalam blog Heny Budi Utari, Ph.D dari PT Central Proteina Prima. Menurut Kepala Divisi Animal Health Service Technical Research PT Central Proteina Prima ini, ada berapa produk pangan yang kerap diberi formalin seperti ikan asin, tahu, mie basah dan ikan segar.

Nah untuk ikan asin, Heny Budi Utari mengungkapkan ikan asin yang berformalin perlu direndam selama 60 menit agar formalinnya terlepas dari ikan dan terlarut ke air rendamannya. “Level formalin akan berkurang sebanyak 61.25% bila ikan asin direndam dalam air biasa. Sebaiknya, perendaman ikan asin dilakukan di air garam karena dapat menghilangkan level formalin hingga 89.5%,” ujar Heny.

Kemudian untuk tahu, Heny menyarankan agar produk berbahan baku kedelai ini yang berformalin bisa dinetralkan dengan cara yang mudah. Menurutnya, cara terbaik adalah dengan merebusnya sampai mendidih kemudian menggorengnya. “Teknik ini terbukti dapat menghilangkan hampir semua kandungan formalin di dalam tahu tersebut. Cara lain juga bisa dilakukan dengan mengukusnya atau merendamnya di air panas. Namun, kedua cara ini hanya dapat mengurangi kandungan formalinnya, bukan menghilangkannya secara total,” tuturnya.

Jebolan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang ini menyarankan untuk mie basah berformalin cukup mudah cara menghilangkannya. Menurut Heny, cukup rendam saja mie dalam air panas selama 30 menit. “Teknik sederhana ini terbukti dapat menghilangkan kandungan formalinnya hingga 100%. Jangan lupa, cuci kembali mie dengan air biasa setelah perendaman untuk memastikan tidak ada sisa formalin yang masih menempel,” ucapnya.

Kemudian untuk ikan segar, Heny kembali menyarankan agar untuk menetralkan zat formalin sehingga aman untuk dikonsumsi adalah dengan mencampurkan cuka ke dalam air hingga konsentrasinya mencapai 5%. “Kemudian, rendam ikan di larutan tersebut selama 15 menit.  Langkah ini semoga bermanfaat,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis    : Didi G Sanusi

Editor     :  Didi G Sanusi

Foto        :  Ahsanfile.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.