Perilaku Hakim Tak Beres, Laporkan ke Hakim Tinggi Pengawas Kalsel

0

SEBAGAI pengadil dan ‘wakil Tuhan di atas bumi’, perilaku hakim sudah sepatutnya menunjukkan integritas dan kewibawaan dan berperilaku adil dalam setiap tindakan, khususnya dalam mengambil keputusan dalam sebuah sidang perkara.

SELAMA ini, para hakim merupakan garda terdepan dalam memutus sebuah perkara yang berasaskan keadilan. Makanya, bagi warga Banjarmasin yang selama ini berurusan dengan Pengadilan Negeri Banjarmasin, diminta untuk tak segan-segan melaporkan perilaku hakim yang tak beres ke Pengadilan Tinggi Banjarmasin.

“Jika ada ketidakberesan serta perilaku oknum hakim dan termasuk pegawai di Pengadilan Negeri Banjarmasin yang tak pantas dalam perkara persidangan, silakan lapor ke hakim tinggi pengawas di Kalimantan Selatan. Sebab, sekarang sudah ada hakim tinggi pengawas di daerah,” ujar Humas PN Banjarmasin, Affandi Widarijanto SH MH kepada jejakrekam.com, belum lama tadi.

Menurutnya, saat ini, di lingkungan pengadilan telah dibentuk tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli) dengan menerapkan pengawasan ketat di internal lembaga pengadilan, khususnya melalui tim hakim tinggi di Kalimantan Selatan.

“Sejauh ini, memang belum ada oknum hakim atau pegawai di PN Banjarmasin yang tertangkap akibat pungli. Selama ini, para majelis hakim bertugas seperti lazimnya, jadi tak ada yang tertangkap karena dianggap salah, misalkan,” ujar hakim yang ramah dengan awak pers ini.

Jebolan Universitas Soerjo Ngawi, Jawa Timur ini meminta masyarakat Banjarmasin agar tak usah takut melaporkan perilaku hakim yang telah melanggar kode etik, baik berkaitan dengan perkara atau hukum. “Sekarang, saluran untuk melapor sudah tersedia di pengadilan. Jadi, si pelapor dijamin akan dilindungi identitasnya, asalkan memang informasi itu memang betul terjadi dan tak menebar kebohongan. Kami akan jamin dan lindungi si pelapor,” tegas Affandi.(jejakrekam)

Penulis    :  Igam

Editor      :  Didi G Sanusi

Foto         :  Didi G Sanusi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.