Ratu Kuliner Indonesia Goyang Lidah Belanda

INDONESAN Flavours yang merupakan event untuk mempromosikan kekayaan kuliner di Belanda, diselenggarakan kembali oleh KBRI Den Haag di Hotel Crown Plaza Den Haag-Promenade selama tiga hari dari 29-31 Agustus 2019.

ALUNAN musik Rindik Bali terdengar mengalun merdu menyambut kedatangan Duta Besar RI dan para tamu undangan. Para pemain Rindik dengan gerakan lincah menggoyakan panggul ke arah rindik yang terbuat dari bambu sehingga tercipta melodi indah yang terdengar. Mengalun lembut di seluruh lantai dasar hotel dan membawa para pengunjung serasa memasuki hotel di Pulau Dewata, Bali.

Made Werdana, salah seorang pemain Rindik, mengungkapkan bahwa dirinya begitu senang dan beruntung dapat bepartisipasi dalam event ini. Made sebelumnya pernah tinggal selama 22 tahun di Belgia dan aktif dalam mempromosikan budaya Bali. Selama dua bulan kedepan, timnya akan berada di Eropa untuk mempromosikan musik khas Bali di Belanda, Belgia dan Jerman.

BACA : Sate Banjar, Riwayat dari Cita Rasa Kuliner Nusantara

Event Indonesian Flavours dibuka Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja pada Kamis (29/8/2019) malam dan dihadiri puluhan tamu undangan yang terdiri dari kalangan diplomatik, mitra kerja Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda, food bloggers, friends of Indonesia, dan juga pers Belanda.

Dalam sambutannya, Dubes Puja menyampaikan rasa terima kasih dan apresasinya atas kerja sama dan kolaborasi yang baik dengan KBRI Den Haag dengan Hotel Crown Plaza Den Haag selama beberapa tahun terakhir dalam penyelenggaraan even ini.

Diharapkan melalui even ini, kekayaan kuliner nusantara semakin dikenal dan keakraban di antara kedua negara semakin erat.

“Malam ini merupakan malam spesial bagi kita semua, karena malam ini akan disungguhkan menu spesial dari seorang chef berkelas internasional Indonesia yang datang dari Italia. Saya begitu bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara ini. Sama seperti anda semua, saya sudah tidak sabar untuk segera mencicipi masakan yang akan dihidangkan. Selamat menikmati dan enjoy the night,” ujar Dubes Puja.

Dalam kegiatan ini, Chef Theodora Hurustiati (Indonesia) berkolaborasi dengan Chef Sido de Brabander (Belanda) untuk memanjakan lidah para tamu dengan kuliner eksotis nusantara. Sebagai hidangan pembuka disungguhkan Soto Ayam (Madura), Gohu Tuna (Maluku), Balado Terong Puyuh (Padang), dan Asinan (Jawa Barat). Sementara hidangan utama dihidangkan Nasi Kuning (Jawa dan Bali), Rendang (Padang), Sayur Lodeh (Jawa), Opor Ayam (Jawa), Urap (Jawa), Sate Lilit (Bali), dan Sambal Matah (Bali).

Sebagai penutup, para undangan menikmati Es Teler (Jawa), Pisang Rai (Bali), dan Dadar Gulung Kelapa (Jawa dan Bali) yang sudah terkenal dengan kelezatannya.

BACA JUGA : Pecinta Rasa Kuliner Indonesia di Belanda Bisa Kunjungi Ron Gastrobar Downtown

Chef Theodorra, atau lebih dikenal dengan nama Theo, selain sebagai juru masak ternama di Italia, juga berprofesi sebagai food writer. Setelah menyelesaikan studi Master jurusan Ilmu Komunikasi, Theo memutuskan untuk mendalami ilmu memasak di sekolah perhotelan di Civiform, Italia. Namanya tidak asing lagi di Italia, setelah berhasil menjadi juara kedua dalam ajang bergengsi “La Scuola – Cucina”.

Theo mengungkapan rasa terima kasih dan banggannya atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan oleh KBRI Den Haag untuk dapat mempromosikan kekayaan kuliner nusantara dalam program Indonesian Flavours tahun ini di Belanda. Ini merupakan kesempatan langka tentunya mengingat kegiatan diadakan di Eropa, di Hotel ternama dan dihadiri oleh berbagai kalangan berpengaruh.

Acara Indonesian Flavours merupakan rangkaian dari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. KBRI Den Haag juga memanfaatkan acara ini sebagai one stop promotion event yakni dengan mempromosikan produk Teh Organik Indonesia “Bankitwangi”.

BACA LAGI : Bersolek, Kini di Samping Museum Ada Kuliner Wasaka

Melalui event ini dipromosikan pula keindahan alam dan kemajuan infrastruktur Indonesia berupa pameran foto bekerja sama dengan Art Foto Indonesia. Sebanyak 12 foto dari 5 fotografer terkenal Indonesia menghiasi lobby hotel Crown Plaza-Promenade.

Foto-foto yang dipamerkan adalah karya dari Vincent Kohar (Jembatan Semanggi Jakarta, Bundaran HI), Maria Andriani (Bundaran HI), Yerro Haryanti (MRT Jakarta), Jerry Aurum (Borobudur), Kiat (Raja Empat), Steven Sioe (Sampoerna Strategic Square Jakarta, Sudirman Central Bussiness District, MRT Jakarta, Jakarta City Skype, dan Gelora Bung Karno Surabaya).

Indonesian Flavours adalah salah satu upaya soft diplomacy yang dilakukan oleh KBRI Den Haag dalam upaya mempromosikan kuliner, budaya, keindahan infrastruktur, dan alam Indonesia. Kegiatan ini dapat terelenggara atas kerja sama antara KBRI Den Haag, Hotel Crowne Plaza, Brut International Flavours, Diplomat Magazine, Wonderful Indonesia, dan InterAromat.(jejakrekam)

 

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS