ACT

KPU Kalsel Tepis Anggapan Tak Peduli Generasi Milenial

0 275

KOMISIONER KPU Kalimantan Selatan Hatmiati menepis anggapan lembaga penyelenggara pemilu ini tak peduli dengan pendidikan politik bagi kawula muda atau pemilih pemula. Pernyataan Hatmiati ini kritikan Ketua PW KAMMI Kalsel Ahmad Saini.

“TIDAK benar, KPU Kalsel tak merangkul generasi milenial yang punya hak suara di Pemilu 2019. Kami malah merangkul mahasiswa dengan menghelat goes to campus,” ucap Hatmiati kepada jejakrekam.com, Minggu (20/1/2019).

Ia menyebut KPU Kalsel telah beberapa kali melakukan kegiatan di kampus. Dalam kamus mantan komisioner KPU Hulu Sungai Utara (HSU), justru pendidikan politik bagi generasi milineal menjadi kewajiban penyelenggara demi suksesnya Pemilu 2019.

BACA :  KAMMI Kritik KPU Kurang Aktif Sosialisasi Pemilu di Kawula Muda

“Kami juga telah berbagi tugas dalam melaksanakan sosialisasi kepada kawula muda. beberapa kegiatan seperti sebelumnya melakukan kegiatan Ngopi Pemilu di Hotel Tree Park, Banjarmasin, beberapa waktu lalu,” paparnya.

Dosen STKIP PGRI Banjarmasin ini mengungkapkan bersama beberapa mahasiswa juga telah membangun komunitas peduli pemilu, dengan menyasar generasi milineal melalui media sosial.

“KPU juga menerjunkan relawan demokrasi di kabupaten dan kota menyasar kawula muda. Mereka pun telah diberi pemahaman bagaimana penyelenggara Pemilu 2019,” cetusnya.

Tujuannya, melalui relawan demokrasi ini akan menularkan pencerahan mengenai pemilu, terutama di basis-basis pemilih. Termasuk, di antaranya kawula muda atau generasi milineal.

“Nah, itu sudah dilakukan kawan-kawan dari relawan demokrasi dengan bekerjasama dengan semua elemen,” katanya.

BACA JUGA :  Berebut 40 Persen Suara Milenial, Caleg PDIP dan Gerindra Adu Taktik

Selain itu, Hatmiati menyatakan KPU selama ini tidak mengabaikan keberadaan siswa SMA sederajat yang sudah berumur 17 tahun atau memiliki hak suara.

“Kami sudah melakukan debat dan lomba cerdas cermat di tempat yang berbeda dengan menyasar siswa SMA sederajat. Jadi, bukan hanya sosialisasi di kampus,” kata Hatmiati.

BACA LAGI :  Incar Suara Pemilih Pemula dan Perempuan, PKS Kalsel Ingin Pertahankan 5 Kursi DPRD Kalsel

Ia memastikan dalam waktu dekat, KPU terus menggelar sosialisasi mengajak generasi muda di era milenial untuk aktif menyukseskan demokrasi.

“Ini mengingat, generasi muda sangat berperan penting bagi kesuksesan Pemilu 2019. Salah satunya, lewat konser musik bisa menyentuh dunia milenial,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.