Imbas Virus Corona, Jumlah Penumpang Melalui Bandara Syamsuddin Noor Mengalami Penurunan

0

OTORITAS Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru mencatat adanya penurunan jumlah penumpang semenjak akhir tahun lalu.

BERDASARKAN cacatan otoritas Bandara, pada Desember 2019 terdata sebanyak 303.163 penumpang. Kemudian pada Januari 2020 sebanyak 283.117 atau turun sebesar 20.046. Lalu, pada Februari 2020 penumpang tercatat 254.878. Penurunan ini berbanding terbalik dengan tren kenaikan penumpang setiap awal tahun.

Kepala Komunikasi dan Legal Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Aditya Putra Patria, memprediksi penurunan okupansi penumpang ini disebabkan merebaknya virus corona (Covid-19), sehingga masyarakat memilih menahan diri untuk bepergian.

“Sebetulnya, kalau dilihat dari bulan Desember memang ada penurunan kurang lebih sekitar 15% – 20%,” katanya saat dihubungi jejakrekam.com, Kamis (12/3/2020).

Adit menjelaskan, semenjak kemunculan virus Corona (Covid-19) masyarakat khawatir untuk bepergian ke luar daerah, praktis okupansi penumpang di Bandara Syamsuddin Noor tergerus.

Adit mengungkapkan rute Banjarmasin-Denpasar mengalami penurunan tajam diantara rute-rute lainnya. “Yang kelihatan saat ini ke Bali, dengan penurunan sekitar 25%,” tandas dia.

Imbas dari Virus Corona berdampak terhadap penjualan harga tiker maskapai penerbangan yang memberikan diskon besar-besaran semenjak sepekan terakhir.

Berdasarkan penelurusan Jejakrekam.com di situs pemesanan tiket online Traveloka.com rute Banjarmasin-Jakarta paling murah Rp 530.000 per tiket atau turun dari harga normal berkisaran Rp 900.000an per tiket.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.