Tradisi Juara, Kontingen Banjarmasin Ditarget Bawa Pulang 40 Medali Emas di Popda Kalsel 2023

0

SEBANYAK 176 atlet pelajar dilepas oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, untuk bertanding di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalimantan Selatan tahun 2023.

EVEN Popda Kalsel dihelat pada 24-28 Mei 2023 yang direncanakan mempertandingkan 11 cabang olahraga (cabor) yakni atletik, dayung, gulat, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, renang dan taekwondo di GOR Hasanuddin, SKB Mulawarman, Sungai Awang, GOR H Bambang, Gedung Sultan Suriansyah yang dipusatkan di Banjarmasin. Terkecuali, cabor atletik dipusatkan di JPOK Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Loktabat Utara, Banjarbaru.

Saat pelepasan atlet pelajar di Balai Kota Banjarmasin, Minggu (21/5/2023), Walikota Ibnu Sina berpesan agar pada Popda Kalsel 2023 ini, kontingen Banjarmasin bisa mendulang prestasi terbaik, sehingga bisa mengharumkan nama baik kota.

“Menjadi juara umum adalah tradisi bagi Banjarmasin dalam setiap kegiatan Popda Kalsel,” ucap Walikota Ibnu Sina.

BACA : Juara Umum Karate Popda Kalsel, Ketua FORKI Banjarmasin : Atlet Dipersiapkan Menuju Porprov 2022

Menurut dia, pembinaan para atlet terkhusus usia dini dan kalangan pelajar sudah dijalankan dengan baik oleh dinas maupun organisasi olahraga dan cabor seperti KONI Kota Banjarmasin.

“Ini yang kita pertaruhkan dalam Popda Kalsel. Lewat ajang Popda Kalsel ini harus menjadi momentum, bagi para atlet pelajar untuk meraih prestasi dan menunjukkan hasil dari semua latihan, yang telah dilakukan selama ini,” beber mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Ibnu Sina berherap para atlet dari Banjarmasin nantinya dapat keluar sebagai pemenang kembali. Yakni, dengan membawa medali paling banyak seperti Popda Kalsel sebelumnya.

BACA JUGA : Ratusan Atlet Kota Banjarmasin Diedukasi Makna Olahraga

“Semoga para atlet bisa menjaga kesehatan dan tetap fokus dalam bertanding, ini hal paling penting untuk itu,” kata Ibnu Sina.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Fatimah menambahkan dalam Popda Kalsel 2023, pihaknya optimistis kontingen Banjarmasin bisa keluar sebagai juara umum.

“Karena segala pembinaan telah dilakukan dengan optimal. Target kami adalah bisa membawa 40 medali emas,” ujar Fatimah.

Menurut dia, tahun ini, beberapa cabor menjadi unggulan Banjarmasin seperti dayung yang akan ditarget mendulang pundi-pundi emas untuk dibawa pulang.

“Cabor dayung selalu memboyong medali emas yang banyak dari pengalaman yang ada,” kata Fatimah.

BACA JUGA : Pacu Semangat Bergerak Kembali Antarkan Prestasi Atlet Banua di Pra Popnas Zona III 2022

Ia hakkul yakin cabor dayung dan lainnya akan mempersembahkan emas bagi Banjarmasin sehingga bisa keluar sebagai juara umum.

“Saya pesan agar bertanding yang sportif, junjung tinggi sportibitas, karena kita akan bangga kalau kita bisa menang dengan jujur dan tidak curang,” tandas Fatimah

Untuk diketahui, pada Popda Kalsel 2023, Banjarmasin akan menurunkan sebanyak 179 atlet. Mereka akan bersaing dengan 1.378 atlet dari kabupaten/kota lain di Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.