Peresmian Masjid H Muhammad Sidik Islamic Centre Muara Teweh, UAS Tausiyah Di Depan Ribuan Jamaah

0

BUPATI Barito Utara H Nadalsyah meresmikan Mesjid Islamic Center H Muhammad Sidik yang berada di Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru.

PERESMIAN ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati H Nadalsyah, dan dirangkai dengan tausiyah atau ceramah agama oleh H Abdul Somad, yang secara khusus diundang saat peresmian.

Akhmad Gunadi selaku Ketua Panitia pembangunan masjid H Muhammad Sidik, menyampaikan sejarah singkat pembangunan masjid di komplek Islamic Center. Masjid dibangun berdasarkan keinginan dari ayahandanya H Nadalsyah, sebelum beliau terpilih menjadi Bupati Barito Utara.

BACA: Halal Bihalal Pemkab Barito Utara, Undang Penceramah KH Fakhruddin Nur Kuala Tungkal

Menurut Menurut komisaris PT Mitra Barito Group ini, bermula menginginkan adanya jembatan penghubung antara Kota Muara Teweh dengan Kelurahan Jingah dan Jambu serta diujung jembatan terdapat sebuah bangunan komplek Islamic Center. “Dengan Ridho Allah SWT, alhamdulillah keinginan beliau terkabul. Selanjutnya pada Tahun 2014 periode pertama beliau menjadi Bupati Barito Utara dan dimulailah proses pembangunan. Dilanjutkan dengan pembebasan lahan pada tahun 2014-2015, hingga sekarang sudah mencapai 98 persen,” ucapnya.

Menurutnya, pembangunan masjid tersebut menelan dana kurang lebih Rp 60 miliar. Di mana 80 persen anggaran dari pribadi H Nadalsyah, sedangkan 20 persen berasal dari pihak ketiga yang tidak mengikat.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan, masjid Islamic Center ini merupakan murni dari dana dari Perusahaan Mitra Barito, serta dari pihak ketiga dan dikelola oleh yayasan H Muhammad Sidik.

Nadalsyah menjelaskan, sebelum menjadi bupati ketika melihat lahan kosong atau hutan, timbul niat. Bila menjadi orang sukses atau pengusaha ingin membangun sebuah masjid dan pusat pendidikan Islam. “Waktu masih belum menjadi bupati, saya duduk di bangku Pelabuhan Dahlia, dan melihat jauh ke seberang Sungai Barito melihat lahan kosong, dan timbul niat ingin membangun masjid. Dan alhamdulillah niat itu dikabulkan,” urainya.

BACA JUGA: UAS Akan Tausiyah Masjid Raya Shiratal Mustaqim Muara Teweh

Menurut Nadalsyah, pembangunan ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Barito Utara yaitu terwujudnya masyarakat yang religius, mandiri dan sejahtera melalui percepatan peningkatan pembangunan dibidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

“Harapan kita bersama bahwa generasi penerus nantinya memiliki akhlaqul karimah dengan bimbingan guru-guru, ustad dan ustadzah, dimana akhlak yang baik akan menjadi pondasi dasar generasi penerus serta melanjutkan pemerintahan di Kabupaten Barito Utara kedepannya,” katanya.

Sementara itu UAS yang dalam ceramahnya mengingatkan masjid merupakan tempat beribadah, selain itu juga tempat silaturahim bagi kaum muslimin. Oleh sebab itu, masjid juga sarana pendidikan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi kaum muslimin dan muslimat.

UAS juga berpesan agar masjid yang dibangun merupakan amal jariyah bagi seseorang, terutama H Nadalsyah.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/05/21/peresmian-masjid-h-muhammad-sidik-islamic-centre-muara-teweh-uas-tausiyah-di-depan-ribuan-jamaah/
Penulis Syarbani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.