Kukuhkan PPIH, Gubernur Minta Pelayanan Haji Terus Ditingkatkan

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Pelaksana Tugas Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Ahmad Solhan mengukuhkan 79 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Tahun 1445H/2024.

DALAM sambutan gubernur yang dibacakan di gedung Jabal Rahmah Asrama Haji Kalsel, pada Senin (29/4/2024), dijelaskan PPPIH sebagai kerja kolektif, karena diperlukan kerja sama komunikasi dan koordinasi sebagai kunci dari keberhasilan, harus terus dijaga dan ditingkatkan kerja sama komunikasi dan koordinasi dimaksud perlu dilakukan antar sesama anggota PPIH.

PPIH diminta gubernur dapat meningkatkan koordinasi dalam semua lini, sehingga tugas dan fungsi bisa berjalan secara maksimal dalam melayani jamaah haji. “Perlu tekad dan komitmen saudara sekalian dalam menunaikan amanah,” ujarnya.

BACA: Kukuhkan PPIH Embarkasi Banjarmasin, Gubernur Kalsel: Berikan Layanan Prima Ke Jamaah Calon Haji

Lebih lanjut, PPIH diperlukan pengetahuan dan wawasan penyelenggaraan tentang ibadah haji, sehingga dapat dengan cepat dan tepat mencari solusi dan bertindak jika menghadapi suatu permasalahan.

Pemprov Kalsel bersama Pemerintah Kabupaten/Kota, Kanwil Kementerian Agama Provinsi dan Kabupaten Kota se-Kalsel maupun dengan pihak maskapai Dinas Perhubungan dan mitra terkait lainnya akan melakukan kerja sama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kalsel/Kalteng sebagai tamu Allah.

“Hal ini perlu saya kemukakan karena pelayanan bagi jamaah haji adalah hal yang utama, kita menginginkan penyelenggaraan Haji di Kalsel dapat menjadi pelaksana terbaik di Indonesia sehingga dapat menjadi rujukan daerah lain sekaligus tentunya,” ungkapnya.

Diharapkan, 79 PPIH Embarkasi Banjarmasin yang dilantik dapat mengemban amanah penyelenggaraan ibadah haji yang juga sebagai tugas nasional sesuai amanat Undang-undang Nomor 13 Tahun 2008, tentang penyelenggaraan ibadah haji yang melibatkan berbagai instansi dan pihak terkait lainnya.

“Saya ucapkan selamat dan sukses semoga tugas dan tanggung jawab yang saudara-saudara emban bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya terutama tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh jamaah calon haji Kalsel,” ucap Gubernur Kalsel ini.

BACA JUGA: Anggota Komisi VII DPR Sebut Kuota Haji Kalsel Tahun 2024 Dapat Tambahan Jadi 4.284 Orang

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalsel, H Muhammad Tambrin mengatakan, jamaah calon haji kloter pertama akan memasuki asrama haji pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Total ada sebanyak 4.071 jemaah calon haji asal Kalsel, dan 1,688 orang dari Kalimantan Tengah yang akan berangkat melalui Embarkasi Haji Banjarmasin.

Petugas membagi dalam 19 kloter, dengan rincian 18 kloter utuh dan 1 kloter bergabung dengan Embarkasi Medan. “Keberangkatannya hari Minggu 12 Mei 2024, mudahan tidak ada perubahan. In syaa Allah sesuai rencana,” tutupnya.

Selain itu dilaksanakan juga meal test yang akan disuguhkan bagi para jamaah di pesawat. Kegiatan ini tentunya sebagai bentuk kesiapan bersama dalam penyelenggaraan ibadah haji.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.