Harapkan Indonesia Maju, Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1013/MTW Berikan Sosialisasi Penyuluhan KB

0

SATGAS TMMD Ke-119 Kodim 1013/Muara Teweh, bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Barito Utara, menyelenggarakan penyuluhan dan sosialisasi di Kelurahan Jingah, Kamis (29/2/2024).

MENJADI salah satu rencana awal program non fisik, yakni berupa penyuluhan/sosialisasi Keluarga Berencana (KB), yang digulirkan oleh pemerintah sejak Tahun 1970. TNI telah mengambil peranan sangat besar untuk ikut mendukung pencapaian program KB yang pernah diakui oleh dunia internasional.

Penyuluhan KB ini dilaksanakan Kodim 1013/MTW dan Satgas TMMD serta instansi terkait lainnya, yang merupakan wujud sinergi lintas sektoral, mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat semakin kuat, dan juga untuk membantu masyarakat dalam pengendalian jumlah penduduk serta kesehatan.

BACA: Satgas TMMD ke-119 Kodim 1013/MTW Melaksanakan Sasaran Non Fisik Dengan Penyuluhan Bahaya Narkoba

Kegiatan yang dilaksanakan Satgas TMMD bersama Dinas terkait merupakan kebersamaan dan partisipasi TNI yang disinergikan dengan program pemerintah dalam membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Bagaimanapun juga, persoalan kependudukan dan keluarga berencana merupakan isu yang sangat penting, ketahanan nasional yang tangguh tidak akan tercipta apabila derajat kesehatan rakyatnya tidak tumbuh dengan optimal,” jelas Pasiter Kodim Lettu Czi Ahmad Munir.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Barito Utara ingin setiap anak mendapatkan hak-haknya, seperti tumbuh kembang dengan baik, tidak mengalami diskriminasi, dan memperoleh pendidikan yang cukup.

Kelak anak-anak ini akan menjadi orang yang memiliki daya saing, sejahtera dan bermartabat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa isu kependudukan memiliki kaitan langsung dengan perspektif ketahanan nasional.

BACA JUGA: Dansatgas TMMD ke-119 Kodim 1013/MTW Beri Arahan Bantu Pekerjaan

Komandan Satgas TMMD ke-119, Letkol Inf Agussalim Tuo di tempat terpisah menambahkan, kesejahteraan merupakan suatu tuntutan kondisi bagi setiap manusia yang harus dapat diwujudkan, tidak hanya oleh pemerintah tetapi juga oleh swasta dan masyarakat.

Kolaborasi tiga unsur utama ini diharapkan mampu memberikan aspirasi yang kuat untuk menggerakkan roda pembangunan, sesuai fungsi dan kapasitas masing-masing.

“Keluarga berencana pada dasarnya bukan hanya membatasi kelahiran atau laju pertambahan penduduk, tetapi lebih dari itu adalah bertujuan untuk merencanakan dan menciptakan keluarga kecil yang sehat, sejahtera dan bahagia. Mari kita dukung program Non Fisik TMMD ke119 Kodim 1013/Muara Teweh kali ini,” harapnya.

Untuk mencapai sasaran kegiatan non fisik penyuluhan KB ini, tentunya sangat memerlukan dukungan dan kerjasama serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat.

“Jadikan kegiatan ini sebagai wahana dalam memantapkan dan mempererat ikatan persaudaraan serta meningkatkan kerjasama dan koordinasi guna peningkatan akselerasi roda pembangunan. Karena hanya dengan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan itulah pembangunan yang kita cita-citakan akan tercapai,” tutup Dandim.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.