Gencar Budayakan Gemar Membaca, Dispersip Tabalong Harapkan Peran Sekolah dan Orangtua

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tabalong terus menggenjot budaya literasi kepada warga Bumi Nan Sarunai agar gemar membaca buku.

BERAGAM fasilitas telah diluncurkan Dispersip Kabupaten Tabalong seperti perpustakaan keliling yang menyasar kawasan pinggiran kota dan pedesaan di kabupaten, story telling dan lainnya. Teranyar, pojok baca digital di Mall Pelayanan Publik (MPP) Mabuun, hingga layanan buku digital Perpustakaan Tabalong.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat Tabalong untuk gemar membaca,”ucap Kepala Dispersip Kabupaten Tabalong, Norhayati dalam peringatan Hari Jadi Kearsipan ke-52 dan Hari Jadi Perpustakaan Nasional ke-43 dan Hari Buku Nasional Tahun 2023 di Tanjung, Selasa (6/6/2023).

Norhayati mengakui di era digital yang ditandai dengan perkembangan informasi teknologi (IT) berbasis internet, budaya gemar membaca patut dipromosikan melalui beragam media, terutama penyeidaan buku.

BACA : Pesona Anggrek Meratus Dibukukan, Ketua PAI Kalsel Aida Muslimah Pesan Terus Dilestarikan

“Di era digital ini, teknologi memang mendominasi kehidupan kita. Ini menjadi tantangan baru dalam mempromosikan gemar membaca. Banyak orang yang cenderung memilih gawai (gadget) dan media sosial dibanding membaca buku,” papar Norhayati.

Untuk itu, dia mengajak agar peran semua komponen masyarkat, khususnya sekolah di lingkungan pendidikan dan orangtua di lingkungan keluarga sangat penting dalam mendorong generasi muda khususnya anak-anak agar gemar dan membudayakan membaca buku.

BACA JUGA : Gong Dipukul Wabup Tabalong, Aruh Sastra Kalsel XVII Resmi Digeber

Untuk diketahui, indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) yang menjadi parameter atau ukuran usaha yang dilaksanakan pemerintah daerah dalam membina dan mengembangkan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat untuk mencapai budaya literasi masyarakat di Kabupaten Tabalong, termasuk tinggi di Kalsel.

Terbukti pada 2022, IPLM Kabupaten Tabalong berada di posisi kedua se-Kalsel di angka angka 86,34 atau dengan tingkatan skor IPLM tinggi. Bahkan, Kabupaten Tabalong dapat memenuhi 7 indikator IPLM yang ditargetkan oleh Perpustakaan Nasional.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.