SMAN 2 Juai Gelar Kegiatan P5 Berbasis Kearifan Lokal

0

KEGIATAN P5 (Projek Penguatan Citra Siswa Pancasila) pada dasarnya adalah mengembangkan siswa yang berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. 

MELALUI kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dari lingkungan sekitar, salah satunya adalah kearifan lokal yang terdapat di daerahnya.

Kehadiran pelajar di wilayah tempat tinggalnya dapat memberikan kontribusi penting bagi berkembangnya budaya yang mencerminkan kearifan lokal.

BACA : Jangan Sampai Sebarkan Berita Hoax, GOW Balangan Sosialisasikan UU ITE di SMAN 2 Juai

Untuk itulah, SMA Negeri 2 Juai melaksanakan program tersebut dimulai hari Selasa, 12 Februari 2024 sampai dengan 14 Februari 2024 dengan mengangkat tema kearifan lokal dan Ecoprint.

Kepala SMA Negeri 2 Juai, Baihaki, Selasa (20/2/2024) mengatakan, tema tersebut dipilih sebagai wadah bagi para siswa untuk mengembangkan potensi dan melestarikan budaya lokal daerah setempat.

“Kegiatan ini dilakukan oleh kelas X sebagai bentuk implementasi dari projek Kurikulum Merdeka. Kegiatan pada kali ini adalah mempelajari kearifan lokal dan membuat Ecoprint dan ditayangkan video mengenai pembuatan Ecoprint,” ujarnya.

BACA JUGA : Dispersip Balangan Sosialisasikan Giat Membaca di SMAN 2 Juai

Adapun materi yang dipelajari akan dituangkan dalam dokumentasi dan dipraktikan secara berkelompok kemudian hasilnya akan dipresentasikan.

Dengan memahami budaya dan pembuatan Ecoprint ini, siswa SMA Negeri 2 Juai akan menjadi generasi yang peduli terhadap budaya daerah tempat tinggalnya.

“Selain itu juga semakin mampu dan bermartabat dalam menjaga eksistensi kekayaan budaya lokal dan menjaga kelestarian lingkungan. Kearifan lokal juga dapat dijadikan modal untuk membentuk karakter luhur suatu bangsa,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis Riza/Infopublik.id`
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.