Bhakti Sosial Kodim 1013/Muara Teweh, Pengobatan Dan Sunatan Massal Di Lokasi Bencana Banjir

0

BERBAKTI Untuk Negeri, wujud pengabdian kepada masyarakat dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan serta pengimplementasian terhadap kemanunggalan TNI dengan rakyat.

ITULAH yang di lakukan Kodim 1013/Muara Teweh yang melaksanakan kegiatan bhakti sosial bersama, pengobatan dan sunatan massal di lokasi bencana banjir, di GOR Serbaguna Kelurahan Lahei II, Kecamatan Lahei, Kamis (18/1/2024).

Dandim 1013/MTW Letkol Inf Agussalim Tuo mengatakan, dalam kegiatan baksos integrasi di lokasi banjir sebagai wujud kepadulian TNI, instansi terkait, maupun pengusaha, kepada masyarakat.

Menurut Dandim, pihaknya telah banyak melaksanakan kegiatan yang diperintahkan oleh Kasad melalui Pangdam dan Danrem, yaitu berupa kegiatan Bhakti TNI, yang tujuan utamanya membantu kesulitan masyarakat.

BACA: Kodim 1013/Muara Teweh Gelar Rapat Koordinasi Bhakti Sosial Penanggulangan Bencana

Dalam hal ini Kodim menginisiasi kegiatan dengan menggandeng maupun bersama-sama dalam menangani kesuliatan rakyat di wilayah sebagai langkah menumbuhkan kepekaan sosial.

“Seperti diketahui bersama, banjir ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari terakhir yang menyebabkan Sungai Barito meluap, dan menggenangi ruas jalan hingga pemukiman warga,” ucap Dandim.

Banjir ini juga sudah menjadi rutinitas saat musim penghujan dan dianggap biasa oleh masyarakat DAS Barito, namun kendati demikian hal ini pasti berdampak pada kelangsungan hidup masyarakat yang terdampak banjir, terutama masalah ekonomi.

Dijelaskannya, target utama kegiatan bakti sosial ini adalah keluarga terdampak banjir yang melanda, khususnya di Kecamatan Lahei dan Kecamatan Lahei Barat. Menyalurkan bantuan berupa sembako, pengobatan massal dan sunatan massal.

“Kami Keluarga Besar Kodim 1013/MTW turut prihatin atas bencana yang melanda di wilayah kita ini. Kami berharap kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan dapat membantu meringankan beban, serta sedikit bantuan yang kami berikan kepada bapak dan ibu juga dapat bermanfaat, dalam memenuhi kebutuhan pada masa banjir ini,” ungkap Dandim.

BACA JUGA: Banjir Di Desa Sei Rahayu 1, Kodim 1013/Muara Teweh Dan BPBD Salurkan Bantuan

Sementara itu, Pj Bupati Barito Utara Muhlis mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Dandim atas inisiatif kegiatan ini, hingga terselenggara.

Diakui Muhlis, kegiatan ini dapat terselenggara juga atas dukungan sumbangan dari Forkopimda, Dandim, Kapolres, instansi terkait dan beberapa perusahaan yang berada di sekitar Kecamatan Lahei.

Perlu diketahui, debit air Sungai Barito sejak hari Senin sudah naik. “Berdasarkan data terakhir dari Kalak BPBD, debit air pada hari ini naik 30 cm dari hari kemarin, sehingga ketinggalan air Sungai Barito menjadi 13,40 M,” ucap Muhlis, Kamis (18/1/2024).

“Namun ada berita gembira, debit air di hulu informasinya sudah mulai turun,” sambungnya.

“Pemerintah daerah akan alokasikan dana, kalau banjir tidak kunjung surut maka masuk tanggap darurat. Dan secara bersama-sama dengan instansi terkait akan bekerjasama menanggulanginya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.