Mudahkan Pengguna, 93 Perwakilan Desa di Barito Utara Ikuti Pelatihan Aplikasi Sikuedes

0

SEBANYAK 93 perwakilan desa mengikuti pelatihan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Sikeudes) menggantikan Simda yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Ditjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri.

APLIKASI ini memuat fitur-fitur dalam memudahkan pengguna dalam menginput transaksi sesuai dokumen penatausahaan dan laporan seperti bukti penerimaan, surat permintaan pembayaran (SPP), surat setoran pajak (SSP), dan dokumen lainnya. Termasuk, laporan penganggaran APBDes, rencana anggaran biaya (RAB), hingga laporan seperti buku kas, buku bank, buku pajak, buku pembantu dan lainnya.

Pelatihan ini digelar Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara dibuka oleh Asisten III Setda Kabupaten Barito Utara, Yaser Arafat di Aula Bappedalitbang Kabupaten Barito Utara, Muara Teweh, Rabu (17/1/2024).

BACA : Dinas Sosial PMD Gelar Bimtek Keuangan Desa Dan Aset Desa

Kepala Dinsos PMD Kabupaten Barito Utara, Suparmi A Aspian mengungkapkan pelatihan aplikasi Siskuedes ini juga bertujun untuk menyosialisasikan adanya Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yang menjadi pedoman baru bagi pemerintah desa.

“Kegiatan pelatihan Siskuedes di Barito Utara dirancang untuk memastikan pemahaman dan implementasi yang optimal terkait regulasi keuangan desa yang baru,” tutur Suparmi.

Ketua Panitia Pelatihan Siskuedes Barito Utara ini mengatakan dengan adanya pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelola keuangan desa sehingga menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien.

BACA JUGA : Warga Korban Terdampak Kebakaran Desa Mukut Dapat Bantuan Pemkab Barito Utara

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Barito Utara Yaser Arafat mengingatkan agar pelatihan ini bisa diikuti dengan baik oleh para peserta karena dapat mendukung kemajuan adminstrasi keuangan desa.

“Saya berharap agar seluruh aparatur desa agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan aplikasi Siskuedes yang selalu diperbarui setiap tahun dengan versi terbaru,” ucapnya.

BACA JUGA : Ikuti Rakor Pemberantasan Korupsi, Pemkab Barito Utara Siap Terapkan Aplikasi Program MCP

Menurut Yaser, dengan bimbingan teknis ini  diharapkan pengelolaan dan penatausahaan keuangan di desa dapat berjalan dengan baik. Sebab, kata Yaser, desa dapat mengoptimalkan pemanfaatan Siskudes dalam proses pengelolaan keuangan lebih efisien dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.