Puncak Peringatan Milad ke-111 di Banjarmasin, Muhammadiyah Ajak Selamatkan Semesta

0

PUNCAK peringatan milad ke-111 Muhammadiyah di Kalimantan Selatan berlangsung meriah di halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (13/1/2024).

PERAYAAN hari lahir ormas Islam mengusung tema Ikhtiar Menyelamatkan Semesta ini diikuti ribuan warga Muhammadiyah.

Acara ini dihadiri Bendahara Umum (Bendum) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Hilman Latif yang juga Dirjen Haji dan Umrah Kemenag RI, Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PAN, Pangeran Khairul Saleh, Caretaker Ketua PWNU Kalsel H Muhammad Tambrin yang juga Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemprov Kalsel, H Sulkan, serta jajaran Forkopimda Kalsel dan Banjarmasin.

Peringatan milad ke-111 juga diisi tausyiah disampaikan oleh KH Bachtiar Natsir di hadapan ribuan warga Muhammadiyah di Banjarmasin.

BACA : Ikhtiar Selamatkan Semesta, Puncak Milad ke-111 Muhammadiyah Dipusatkan di Balai Kota Banjarmasin

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalsel, Prof Dr Ridhahani Fidzi dalam sambutannya menyebut peringatan milad Muhammadiyah itu sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“PWM Kalsel mengundang seluruh Pimpinan Daerah Muhamadiyah untuk berkolaborasi dalam memeriahkan milad ke-111 dipusatkan di Banjarmasin. Hal ini demi mempererat ikatan antara organisasi persyarikatan Muhammadiyah dengan pemerintah,” kata Prof Ridhahani.

Sesuai tema Ikhtiar Menyelamatkan Semesta, Prof Ridhahani menyebut Muhammadiyah tak mungkin berdiri sendiri dalam menjaga atau menyelamatkan semesta yang ditinggali semua.

BACA JUGA : Milad ke-111, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Akui Kiprah Muhammadiyah bagi Pembangunan Daerah

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengucapkan selamat dan sukses bagi seluruh warga Muhammadiyah yang merayakan milad ke-111. Menurut dia, selama ini ormas Muhammadiyah menginspirasi semua orang, terkhusus masyarakat Banjarmasin.

“Saya juga mengapresiasi dengan terselenggaranya perayaaan milad ke-111 Muhammadiyah yang minim sampah setelah acara selesai. Apalagi, perayaan kali ini mengusung tema kebersihan, tentu saya support 100 persen,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : IKA Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Gelar Pelantikan Pengurus

Menurut Ibnu Sina, kolaborasi antara Muhammadiyah denagn Pemkot Banjarmasin dalam penyediaan bank sampah saat berlangsung acara merupakan contoh terbaik.

“Ini merupakan salah satu langkah penting dalam upaya mengurangi sampah dengan memanfaatkan aplikasi B-Cash, melalui kerja sama dengan Bank Sampah Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina.

Menurut dia, kebersihan merupakan pesan utama dalam peringatan milad ke-111 Muhammadiyah, sehingga  seluruh warga persyarikatan dan Kota Banjarmasin untuk ikut menjaga kebersihan dengan langkah-langkah kecil yang bermakna.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.