Ikon Wisata Baru Banjarmasin, Air Mancur Menari Jembatan Pasar Lama Resmi Beroperasi

0

BERTEPATAN di malam terakhir Tahun 2023, Jembatan Pasar Lama akhirnya resmi untuk mengoperasikan pertunjukan air mancur menari tiap akhir pekannya.

ATRAKSI perdana dimulai setelah setelah prosesi pemberian tapung tawar di Jembatan Pasar Lama, oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Minggu (31/12/2023) malam.

Dijadwalkan air mancur ini akan beroperasi setiap hari Sabtu, dengan 3 kali tayang. Tayang pertama dari pukul 19.00 hingga 19.30, kemudian tayang kedua mulai pukul 20.00 hingga 21.00, dan tayang ketiga mulai pukul 21.30 hingga 22.00.

BACA: Siap Hiasi Malam Kota Banjarmasin, Penjagaan Jembatan Pasar Lama Akan Diperketat

“Malam ini kita melakukan tapung tawar, di Jembatan 9 November atau Jembatan Pasar Lama. Karena ini adalah merupakan tradisi kita orang Banjar,” ucap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam sambutannya, Minggu (31/12/2023).

Dengan dilakukannya hal tersebut, dirinya berharap ke depannya aset pembangunan yang telah dibuat ini, bisa terjaga dan terawat dengan baik.

Dirinya pun berpesan kepada masyarakat agar bisa turut ikut, dalam menjaga dan merawat Jembatan Pasar Lama, yang kini telah dilengkapi dengan lampu hias dan air mancur menari tersebut.

“Terutama kepada para masyarakat di sekitaran kawasan Pasar Lama ini. Mohon bantuannya, untuk bisa merawat. Terutama agar tidak terjadi lagi bagian jembatan yang dicuri,” pintanya.

BACA JUGA: Sekali Menari, Berapa Rupiah ‘Uang Rakyat’ Dikeluarkan di Air Mancur Jembatan Pasar Lama?

Sementara itu, rela jauh-jauh datang dari Gambut, hanya untuk melihat pertunjukan air mancur menari di Jembatan Pasar Lama, Intan dan kawan-kawannya mengaku terpukau.

“Lumayan bagus, apalagi pertunjukan air mancurnya juga diiringi oleh musik. Dan gerakan air mancurnya selaras. Jadi asik dilihat,” ucapnya, kepada jejakrekam.com, Minggu (31/12/2023).

Dirinyapun berharap pertunjukan air mancur ini bisa terus beroperasi, sesuai dengan jadwal yang telah ada. “Kalau infonya setiap Sabtu kan? Mungkin nanti bisa setiap Sabtu itu ke sini sama teman-teman atau keluarga,” tutupnya.

BACA LAGI: Butuh Daya Listrik Besar 197 kVA, Air Mancur Pelangi Jembatan Pasar Lama Segera ‘Menari’

Penambahan aksesoris berupa lampu hias dan air mancur menari di Jembatan Pasar Lama ini menelan biaya Rp 11,8 miliar, bersumber dari APBD Kota Banjarmasin tahun 2023.

Digarap oleh kontraktor PT Telaga Wijaya Perkasa, dengan pengerjaan berdurasi 105 hari, sejak kontrak pada 20 Juli yang lalu. Jembatan ini ditambah dengan berbagai fitur dan fasilitas.

Seperti penambahan cat kedap air, pemasangan air mancur, paket lampu hias jembatan tipe A, pembangunan ruang kontrol dari kontainer, dan penyambungan daya listrik 197 KVA.

Air mancur yang digadang akan menjadi ikon jembatan tersebut, juga dilengkapi dengan pengendali audio canggih.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.