Nataru 2023, Posisi Penting ASN Pemkot Banjarmasin Dilarang Ambil Cuti Akhir Tahun

0

MENJELANG perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina memberikan instruksi untuk menunda cuti.

PENUNDAAN cuti tersebut ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin. “Khususnya kepala dinas dan SKPD saya tunda cutinya,” ucap Ibnu Sina selepas Apel Gelar Pasukan Lilin Intan, di depan Pos Induk Polresta Dutamall, Kamis (21/12/2023).

Dijelaskan Ibnu, bahwa tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan masih banyaknya tugas akhir tahun yang harus mereka selesaikan. “Dan saya berharap pergantian tahun nanti itu bisa selesai, sehingga target untuk capaian realisasi APBD, realisasi visi dan keuangan bisa sesuai dengan target kita,” ujarnya.

BACA: Momen Haru di Hari Ibu, Bertemu Sang Bunda, Walikota Ibnu Sina Berlinang Air Mata

Diungkapkan Ibnu, adanya keterlambatan pada realisasi keuntungan, karena harus menunggu dana-dana transfer dari pusat dan provinsi. “Yang mungkin transfernya last minute juga. Sehingga kemudian ada sedikit keterlambatan. Tapi in syaa Allah semua akan dibayarkan,” jelasnya.

“Jadi yang untuk cuti akhir tahunnya kita tunda, sebagai yang utama adalah kepala SKPD, eselon III juga terutama yang pengelola keuangan,” pungkasnya.

Sehingga, untuk ASN yang di luar posisi tersebut masih bisa untuk mengajukan permintaan cuti akhir tahun.

BACA JUGA: Luasan TPAS Basirih Bertambah 4 Hektare, Walikota Ibnu Sina Imbau Masyarakat Untuk Memilah Sampah

Sementara itu, menanggapi adanya instruksi bahwa Kepala SKPD dan jajaran penting lainnya dilarang mengambil cuti akhir tahun, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin Dolly Syahbana berpendapat bahwa hal ini sah-sah saja.

“Ini bisa sebagai motivasi, agar bisa tercapai target realisasi, mengingat waktu yang tersisa tinggal beberapa hari lagi,” ucapnya, saat dihubungi, Kamis (21/12/2023).

“Apalagi bagi mereka yang serapan anggarannya masih lumayan rendah, ini bisa jadi dorongan,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.