Luasan TPAS Basirih Bertambah 4 Hektare, Walikota Ibnu Sina Imbau Masyarakat Untuk Memilah Sampah

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin telah menambah luasan Tempat Pengelolaan Akhir Sampah (TPAS) Basirih, dari 39,5 hektare menjadi 43 hektare.

HAL tersebut disampaikan saat kunjungan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love, saat meninjau TPAS Basirih Kota Banjarmasin, Senin (18/12/2023).

Diketahui, penambahan luasan hingga 4 hektare ini adalah untuk menampung sampah, yang jumlah volume masuknya setiap hari bisa mencapai 450 ton. Jumlah ini sudah termasuk pengurangan, karena beberapa kebijakan yang dilakukan, seperti kebijakan Perwali Banjarmasin tentang sampah plastik.

BACA: TPA Basirih Diperkirakan Dapat Bertahan Hingga 2 Tahun Lagi

Walikota H Ibnu Sina beliau menekankan, bahwa pemilahan sampah dari sumber sedari dini sangatlah penting.

“Perlu adanya edukasi lebih lanjut tentang pemilahan sampah dari rumah, sebab jika sampah basah dan kering itu dipisah, maka tentu nilai ekonomisnya sangat tinggi,” ucap Ibnu Sina.

H Ibnu Sina pun mengimbau seluruh masyarakat, agar dapat beradaptasi dan membiasakan diri memilah sampah organik dan anorganik dari rumah. Terlebih, hal tersebut akan membuat pengelolaan sampah dapat lebih bernilai ekonomis dan bermanfaat.(jejakrekam)

Penulis fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.