Satgas Saber Pungli Tanbu Kunjungan ke Surabaya

0

SATGAS Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan kunjungan kaji tiru ke Surabaya, Selasa (12/12/2023).

KUNJUNGAN dipimpin Asisten Pemerintahan dan Setda Tanbu, Eka Saprudin, didampingi Inspektur Yulian Herawati, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Tanbu, Seno Aji bersama jaksa lainnya dengan pihak Polres Tanah Bumbu dan dua orang jurnalis Tanah Bumbu (Tanbu).

BACA JUGA: Kawasan Strategis Tanbu Tetapkan sebagai Mitra IKN

Inspektur Pembantu Khusus (Irbansus) Kota Surabaya, Tatang Imawan, Inspektur Pembantu, Eko dan Tim Saber dari Polresta Kota Surabaya, Aiptu Eko serta Polres Tanjung Perak, Sugeng menyambut kedatangan Satgas Saber Pungli Tanbu di Kantor Inspektorat Kota Surabaya.

Tatang Imawan dalam meterannya mengungkapkan, Saber Pungli di Kota Surabaya ini terbentuk pada 2017 lalu dan sempat menindak dua kasus Pungli.

BACA JUGA: Melalui Digital Online, DPMPTSP Tanbu Tingkatkan Pelayanan

Diantara kasusnya adalah kasus oknum Lurah yang memungut uang dari PKL sebesar Rp 600 ribu hingga oknum tersebut diberhentikan dan diproses hukum.

“Sekarang setelah kasus itu kami lebih banyak pada ranah pencegahan,”ucapnya.

Ketua II Satgas Saber Pungli Tanbu, Eka Safrudin, mengaku, materi yang disampaikan tim Saber Pungli Kota Surabaya ini sangat lah menarik.

BACA JUGA: Festival Anak Daerah Dibuka Bupati Tanbu

Menurutnya, ada beberapa hal yang akan diadopsi terutama pada bagian pencegahan. Tujuannya dari Kaji tiru ini, diakuinya memang untuk menambah wawasan apa yang dilakukan saber pungli di Surabaya.

“Pencegahan dan apa yang dianggap bisa diterapkan di Tanbu, akan diterapkan di tambah penguatan koordinasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, studi kaji tiru ini penting dilaksanakan. “Ini sebagai upaya kita belajar apa yang tidak ada di kita bisa ditiru,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.