Kawasan Strategis Tanbu Tetapkan sebagai Mitra IKN

0

KABUPATEN Tanah Bumbu (Tanbu) semakin memantapkan diri sebagai Mitra Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan berbagai penetapan kawasan dan proyek besar di Tanah Bumbu.

SEKRETARIS Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka, dalam sambutan pengajian malam Jum’at (14/12/2023) di masjid Darul Azhar, Desa Bersujud, menyampaikan beberapa proyek besar yang akan menyangga Ibukota Nusantara  (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

BACA JUGA: Festival Anak Daerah Dibuka Bupati Tanbu

Pertama, Ambo Sakka menyebutkan, hasil pertemuannya di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), menetapkan Kecamatan Kusan Tengah dan beberapa Desa di sekitarnya sebagai kawasan agropolitan.

Agropolitan merupakan kawasan pertanian bertumbuh dan berkembang dengan sistem dan usaha agribisnis yang bisa melayani dan mendorong pembangunan pertanian.

BACA JUGA: Melalui Digital Online, DPMPTSP Tanbu Tingkatkan Pelayanan

Kedua, saat ini Cekdam di Desa Sungai Dua juga sudah ditetapkan sebagai Kampung Patin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ketiga, Ambo Sakka juga menghadiri pertemuan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dalam pertemuan itu Setangga di Kecamatan Batulicin ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

BACA JUGA: BLK Tanbu Sukses Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi 2023

Ia mengungkapkan, dalam pertemuan itu hanya 2 daerah yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, yaitu KEK Setangga di Tanah Bumbu dan Batam.

Hal luar biasa dari KEK Setangga di Kecamatan Batulicin, yang dikelola perusahaan Jhonlin Group, adalah perusahaan akan menyerap 70.000 tenaga kerja baru. “Semua itu terkait dengan penyangga IKN,” tuturnya.

BACA JUGA: Dinkes dan Rumah Sehat Tanbu Rayakan HKN ke-59

Sebab itu, sambungnya, penetapan kawasan atau proyek besar di Tanah Bumbu merupakan rahmat dan berkah dari Allah SWT. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.