Truk Amblas Di Bekas Galian Pipa, Simak Penjelasan Direktur Operasional PAM Bandarmasih

0

PASCA amblasnya sebuah truk di bekas galian pergantian pipa di Jalan HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara, PAM Bandarmasih sigap perbaiki kondisi bekas galian tersebut.

HAL tersebut diungkapkan oleh Direktur Operasional (Dirops) PAM Bandarmasih Edwarsyah, Jumat (8/12/2023) malam.

Edwarsyah menuturkan permohonan maaf atas ketidak nyamanan yang terjadi, pada bekas galian yang saat ini masih belum pulih seperti semula. “Sebelumnya kita (PAM Bandarmasih) memohon maaf, karena kondisi jalan yang ada di lokasi tersebut masih belum sepenuhnya pulih untuk dilalui dengan lancar, lantaran hingga saat ini proses pergantian pipa masih berlangsung,” tuturnya.

“Sementara untuk bekas lokasi truk yang amblas itu sudah ditindak lanjuti, dan untuk pengaspalan pun juga akan langsung kita laksanakan,” lanjutnya.

BACA: Truk Sempat Amblas Macetkan Lalu Lintas, Bekas Galian Pipa PAM Bandarmasin Bikin Jalan HSKN Rusak

Lebih lanjut, Edwarsyah menjelaskan, untuk lokasi yang menjadi truk amblas tersebut masih dalam kondisi pemadatan bekas timbunan, sehingga rentan amblas saat dilalui kendaraan dengan beban yang berat. “Jadi kondisi bekas timbunannya itu masih dalam tahapan pemadatan, jadi tidak bisa langsung diaspal, karena kalau langsung diaspal tidak akan bisa bertahan lama,” jelas Edwarsyah.

“Ditambah lagi, kemarinkan harinya hujan cukup deras dan cukup lama, mungkin tanahnya melemah, dan hal itu juga menjadi kendala bagi kita dalam melakukan pengaspalan. Jadi saat dilalui truk dengan muatan yang cukup berat, maka terjadilah amblas seperti tadi,” sambungnya.

Edwarsyah pun menyampaikan, saat ini proses pergantian pipa di kawasan tersebut masih berlanjut, dan untuk kondisi tanah atau timbunan bekas galian yang mengalami penurunan pun sudah kita tandai dan langsung kita tindak lanjuti.

BACA JUGA: Soroti Proyek Galian PAM Bandarmasih, Ibnu Sina Minta Kondisi Jalan Bisa Kembali Seperti Awal

“Jadi untuk kondisi tanah timbunan yang masih belum diaspal mengalami penurunan, akan langsung kita tutupi dengan material yang baru lagi agar lebih padat, sembari kita melakukan pengaspalan pada bagian bekas galian yang sudah padat dan bisa untuk diaspal sesuai dengan ketentuan,” kata Edwarsyah.

Kendati demikian, pihaknya pun akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan percepatan dalam proses pergantian pipa tersebut, namun tetap sesuai dengan ketentuan yang ada. “Kalau target selesai pengerjaannya itu masih di pertengahan bulan Desember, dan kita tetap berupaya untuk mengejar target tersebut dan kita juga berkomitmen akan memperbaiki jalan bekas galian itu, agar mengurangi dampak terhadap pengendara, dan juga masyarakat yang ada di sekitar lokasi tersebut,” paparnya.

“Namun sebelumnya kita juga memohon maaf, apabila nantinya ada sedikit kemunduran dalam menjalankan penyelesaian pengerjaannya, karena mengingat kondisi waktu pengerjaan kita terbatas, yaitu hanya di malam hari. Ditambah lagi saat ini memasuki musim penghujan, yang tentunya saat cuaca buruk dapat mengganggu proses pengerjaan,” tambahnya.

BACA LAGI:

Edwarsyah meyakinkan, bahwa pihaknya pun akan bertanggung jawab apabila ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi, yang disebabkan oleh bekas galian dari pergantian pipa itu. “Jadi kita akan bertanggung jawab kepada korban, kalau ada kejadian yg tidak diinginkan yang diakibatkan jalan bekas galian pipa tersebut,” ucapnya lagi.

“Namun kita semua berharap jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi, dan juga berharap tidak ada kendala yang mengganggu proses pengerjaan, sehingga bisa selesai sesuai dengan lancar,” harapnya.

“Oleh sebab itu, kita berharap masyarakat bisa memaklumi sementara waktu untuk kondisi jalan tersebut, dan mohon doanya agar proses pengerjaannya bisa berjalan dengan lancar sampai dengan selesai,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.