Soroti Proyek Galian PAM Bandarmasih, Ibnu Sina Minta Kondisi Jalan Bisa Kembali Seperti Awal

0

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina angkat bicara, terkait proyek pemasangan pipa baru diameter 315 mm dan 160 mm, yang dilakukan oleh oleh PT Air Minum (PAM) Bandarmasih, di sepanjang kawasan Jalan HKSN, Banjarmasin Utara.

PROYEK pemasangan pipa baru yang direncanakan akan dilakukan sepanjang 2.100 meter untuk diameter 315 mm, dan 750 meter untuk 160 mm.

Ibnu meminta kepada masyarakat, yang berada di sekitar kawasan proyek untuk dapat bersabar. Karena dipastikan, kondisi jalan bekas galian itu akan segera diperbaiki.

Ibnu mengakui, bahwa pekerjaan ini memang dirinya yang meminta dilakukan, agar PAM bisa meningkatkan layanan. “Jadi pemasangan pipa itu untuk meningkatkan layanan sampai kawasan Alalak. Sehingga kemudian tidak terkendala lagi untuk debit air dan lain sebagainya,” ucapnya, Sabtu (2/12/2023) yang lalu.

BACA: Tanpa Perencanaan Matang, Proyek Tambal Sulam Galian Pipa PAM Bandarmasih Tinggalkan Bekas di Jalan

Terkait proses pengerjaan, Ibnu menuturkan tentu akan ada suatu proses pembongkaran. Namun dirinya menjanjikan ini tidak akan berlangsung terlalu lama. “Dipastikan sebelum akhir tahun ini, itu akan kembali seperti semula,” ujarnya.

Dirinya pun memaklumi kondisi tersebut, sebab untuk melakukan pengaspalan itu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. “Karena memang harus dipadatkan terlebih dahulu. Nanti kalau digali ditutup dan langsung diaspal pasti akan amblas,” tuturnya.

“Jadi memang perlu waktu, tapi saya berharap masyarakat yang lewat juga harus berhati-hati. Sudah tahu kondisinya seperti itu, jangan sampai ngebut,” sambungnya.

Untuk pengaspalan sendiri, dirinya mengungkapkan sementara akan dilakukan hanya pada bekas galian saja. “Untuk sekarang kita belum ada rencana melakukan overlay. Tapi kalau itu sudah jadi, paling tidak ditutup dulu, tahun depan bisa kita progamkan untuk overlay keseluruhan,” tutupnya.

BACA JUGA: Truk Sempat Amblas Macetkan Lalu Lintas, Bekas Galian Pipa PAM Bandarmasin Bikin Jalan HSKN Rusak

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin juga menyoroti pengerjaan pipa, yang membelah jalan aspal di kawasan HKSN itu.

Pasalnya, berdasarkan kesepakatan bersama PAM Bandarmasih, mereka berjanji akan mengembalikan kondisi jalan seperti semula. Namun nyatanya, hingga saat ini penggalian yang hampir memakan separo badan jalan itu tak terlihat sempurna.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Banjarmasin, Syafiq Huwaida nampak menyayangkan kondisi tersebut. “PAM Bandarmasih memang sudah berkoordinasi terkait pengerjaan itu. Tapi pada prinsipnya mereka berjanji mengembalikan konstruksi jalan seperti awal,” ucapnya beberapa waktu yang lalu.

Syafiq menuturkan, konstruksi jalan di HKSN terdiri dari urukan pilihan, lapisan pondasi dan diakhiri dengan lapisan aspal hotmix. “Dan semestinya pihak PAM Bandarmasih harus mengikuti konstruksi itu. Kalau tidak, maka akan berpotensi membuat jalan itu amblas,” tegasnya.

“Harapan kita, jalan itu segera dikembalikan seperti semula,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.