Tinggal Diaspal, Proyek Penambahan Aksesoris Jembatan Pasar Lama Akan Rampung

0

PEMELIHARAAN Jembatan 9 November, atau lebih dikenal dengan Jembatan Pasar Lama, sudah hampir selesai pengerjaannya.

TAMPAK aksesoris, baik penerangan dan pipa air mancur telah sepenuhnya terpasang. Tinggal menyisakan aspal jembatan saja yang masih dalam kondisi tidak mulus, dari Proyek Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin ini

Untuk itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah mengungkapkan, sebelum nantinya diresmikan akan ada pemeliharaan aspal terlebih dahulu. “Iya, akan dipelihara. Akan diaspal lagi. Satu kesatuan dengan penambahan aksesori jembatan,” ucap Suri, (9/12/2023) kemarin.

BACA: Penambahan Aksesoris Jembatan Pasar Lama Diklaim Sudah Dapat Rekomendasi Balai Dan Tim Ahli

Suri meyakinkan, pemeliharaan dilakukan untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi masyarakat. Juga agar membuat jembatan tetap cantik dan menarik dilihat.

Ia juga menekankan, bahwa pengaspalan bakal dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Tapi sebelum itu, pihaknya bakal melakukan uji coba terhadap aksesori jembatan. “Target, akhir Desember sudah selesai semua. Sama dengan pemeliharaan jembatan lainnya,” janjinya.

Sebelumnya, pemeliharaan jembatan tersebut menuai banyak kritik, dari berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan biaya yang digelontorkan cukup besar. Yakni Rp 11,8 miliar, dengan judul, penambahan aksesoris jembatan paket 1, di LPSE Banjarmasin.

BACA JUGA: Kepala PUPR Banjarmasin Sebut Proyek Aksesoris Jembatan Pasar Lama Beri Kenyamanan Pengguna Jalan

Namun dijelaskan oleh Suri, royek yang dikerjakan bukan sekadar pemasangan aksesori seperti air mancur dan lampu warna warni. Tapi juga mencakup berbagai kegiatan. Misalnya, perbaikan pagar, dan pengaspalan lantai jembatan. Trotoar untuk pejalan kaki juga diperbaiki.

Ia juga merincikan terkait apa saja proyek yang akan dikerjakan. Seperti penggunaan cat kedap air, pemasangan air mancur, paket lampu hias jembatan tipe A, pembangunan ruang kontrol dari kontainer, dan penyambungan daya listrik 197 KVA.

Air mancur yang digadang akan menjadi ikon jembatan tersebut, juga akan dilengkapi dengan pengendali audio canggih. Dimana akan menyemprot di kedua sisi jembatan.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.