Kepala PUPR Banjarmasin Sebut Proyek Aksesoris Jembatan Pasar Lama Beri Kenyamanan Pengguna Jalan

0

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah angkat bicara soal angka fantastis proyek aksesoris Jembatan Pasar Lama mencapai Rp 11,8 miliar.

LANTAS apa saja elemen hingga nilai proyek bersumber dari APBD Perubahan 2023 itu bisa begitu gede?

“Nilai proyek penambahan aksesoris jembatan paket 1 bernilai Rp 11,8 miliar itu itu banyak yang dikerjakan. Seperti adanya lampu, air mancur pelangi, aspal dan area pejalan kaki dibenahi, serta aksesoris lainnya yang menghiasi Jembatan Pasar Lama,” kata Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Jumat (13/8/2023).

Menurut dia, dengan pembenahan trotoar jembatan dan aspal badan jalan akan lebih bagus dan baik untuk para pejalan kaki saat menaiki Jembatan Pasar Lama.

“Selain itu aspal dan area pejalan kaki, akan kami peliharaan agar lebih bagus dan baik lagi. Tujuan kami supaya orang yang lewat jembatan merasa lebih nyaman dibandingkan sekarang,” tutur Yayah, sapaan akrab pejabat perempuan Balai Kota Banjarmasin ini.

BACA : Berdana Rp 11,8 Miliar, Wakil Walikota Klaim Proyek Aksesoris Jembatan Pasar Lama Demi Perindah Wajah Kota

Mantan Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Provinsi Kalsel ini menegaskan proyek aksesoris ini menitikberatkan keindahan kota serta menunjang kenyamanan bagi orang yang melintas di Jembatan Pasar Lama yang membentang di atas Sungai Martapura.

Pantauan jejakrekam.com, tak hanya Jembatan Pasar Lama yang telah dicat putih kemudian dipasang ornamen telabang bermotif sasirangan khas Banjar.

BACA JUGA : Terkesan Mendadak, LSM KN-JP2B Kalsel Siap Sengketakan Proyek Aksesoris Jembatan Pasar Lama

Di lokasi proyek Siring Nol Kilometer Pasar Lama juga telah dipasang huruf timbul aklirik, penggantian pagar jembatan. Begitu pula di bagian seberang di Siring Pierre Tendean juga dipasang hal serupa.

Bahkan, mesin genset dan instalasi air mancur, fasilitas tiang lampu juga telah disiapkan pihak kontraktor pelaksana. Ada pula, fasilitas pendukung untuk air mancur pelangi yang akan dipasang pada badan Jembatan 9 November atau Pasar Lama.

BACA JUGA : Pengamat Pertanyakan Anggaran Aksesoris Jembatan Pasar Lama Segede Rp 11,8 Miliar Kok Bisa Lolos?

Untuk diketahui, dari rancangan desain air mancur oleh PT Greencity Technology Indonesia asal Surabaya yang digandeng pemenang tender proyek senilai Rp 11,8 miliar yakni PT Telaga Wijaya Perkasa, dalam visual 4 dimensi 59 detik menggambarkan kondisi Pasar Lama saat telah rampung digarap.

Tiang lampu dan mesin genset serta fasilitas air mancur yang akan dipasang di Jembatan Pasar Lama ditumpuk di Siring Pierre Tendean, Banjarmasin. (Foto Ferry Oktavian)

————

Sementara itu, Ketua Jaringan Pendampingan Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kalimantan Selatan, Winardi Sethiono mengingatkan jika kondisi Jembatan Pasar Lama itu sudah uzur atau berumur tua.

BACA JUGA : Proyek Aksesoris Jembatan Pasar Lama Rp 11 Miliar, Bukti Pemkot Banjarmasin Hamburkan Uang Rakyat

“Sepatutnya secara teknis harus dikaji, apakah jika nanti dipasang air mancur yang bertenaga cukup besar tak berpengaruh terhadap struktur Jembatan Pasar Lama. Sebenarnya, ketika Jembatan Pasar Lama telah dicat putih bersih, sudah menyenangkan tidak perlu macam-macam lagi,” kata Wins, sapaan akrabnya.

Dia berharap para ahli konstruksi bisa angkat bicara, karena pondasi Jembatan Pasar Lama itu telah berumur puluhan tahun. Meski berbahan dasar beton tempo dulu, namun masih terlihat struktur kayu ulin yang dipakai di Jembatan Pasar Lama yang dulu bernama 9 November itu.

BACA JUGA : Dua Jembatan Bersejarah; Pasar Lama dan Sudimampir, Kokoh di Usia Uzur

“Padahal, banyak persoalan yang terjadi di Pemkot Banjarmasin seperti adanya kas daerah yang kosong, sampah yang belum beres dan jadi polemik. Drainase yang tak berfungsi kalau musim hujan, dan kalau memang mendandani Jembatan Pasar Lama, benarkah turis akan datang ke Banjarmasin? Cukup Banjarmasin menjadi kota perdagangan dan jasa di Kalsel, sudah tepat,” papar Ketua DPC Partai NasDem Kota Banjarmasin ini.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.