Rencana Lawas Gol! Bangun Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu Pemkot Banjarmasin Anggarkan Dana Rp 120 Miliar

0

WALIKOTA Ibnu Sina bertemu dengan dua wakil rakyat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dari daerah pemilihan (dapil) Banjarmasin.

APA yang dibahas?Walikota Ibnu Sina bersua dengan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel dari Fraksi PDI Perjuangan HM Rosehan Noor Bachri dan Ketua Komisi IV DPRD Kalsel dari Fraksi Gerindra, HM Lutfi Saifuddin.

Pertemuan di sebuah tempat seperti kafe diposting oleh Rosehan di akun IG Rosehanku dan Ibnu Sina dikutip jejakrekam.com, Minggu (3/12/2023).

Rosehan mengapresiasi langkah Walikota Ibnu Sina yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Jembatan Sungai (Sei) Jingah dan Sei Bilu mencapai Rp 120 miliar di APBD Banjarmasin dalam mewujudkan rencana lawas tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih untuk ini. Tahun ini telah dialokasikan anggaran Rp 20 miliar untuk pembebasan lahan. Sedangkan, pembangunan fisik jembatan akan dilanjutkan pada 2024 mendatang,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel ini.

BACA : DED dan Studi Kelayakan Direview, Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu Segera Dibangun di Tahun 2023

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Lutfi Saifuddin mengaku bersyukur dengan kolaborasi antara Pemkot Banjarmasin bersama Pemprov  Kalsel bisa segera mewujudkan rencana pembangunan SMK di Sungai Andai dan Basirih-Mantuil.

“Jadi, dua daerah ini nantinya sudah punya fasilitas pendidikan vokasi atau kejuruan di dua daerah tersebut. Kini, tinggal penyiapan lahan untuk pembangunan fisik gedung SMK,” kata Lutfi.

Dia mengatakan mewakili Pemprov Kalsel, termasuk masyarakat Sungai Andai dan Basirih-Mantuil berterima kasih atas komitmen untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Banjarmasin.

BACA JUGA : Banjarmasin Kota Berbasis Sungai, Pengamat Nilai Wajar Tuntutan Bangun Jembatan Sei Jingah Menguat

Menjawab hal itu, Walikota Ibnu Sina mengakui aspirasi atau desakan untuk merealisasikan pembangunan Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu tak terlepas dari suara dari DPRD Kalsel, termasuk dari DPRD Kota Banjarmasin.

“Desakan kencang banar (benar). Dana Rp 20 miliar itu memang disiapkan untuk pembebasan atau pengadaan lahan bagi tapak atau oprit Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu,” kata Ibnu Sina.

Mantan anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PKS ini mengatakan untuk kelancaran pembangunan jembatan tersebut, warga terdampak pembebasan lahan bisa bersedia untuk merelakan rumah dan lahannya.

BACA JUGA : Sukhrowardi : Wujudkan Jembatan Sei Jingah, Ibnu Sina dan Paman Birin Bikin ‘Legend’

Sekadar mengingatkan, pada 2022 lalu, dokumen rancang bangun Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu mereview ulang DED dan studi kelayakan tahun 2015 dari proyek Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin telah selesai digarap konsultan perencana.

Review DED dan Studi Kelayakan Pembangunan Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu ini dikerjakan konsultan perencana; PT Winaya Konteks Kharisma dari proyek Dinas PUPR Kota Banjarmasin dengan nilai kontrak Rp 522.937.225 usai ditender pada 12 Oktober 2022.

Mengenai aspirasi guru atau pendidik madrasah atau pondok pesantren, Ibnu Sina mengatakan saat ini tengah digodok bersama DPRD guna menggolkan Perda Ponpes.

BACA JUGA : Bangun Jembatan Sei Bilu-Sei Jingah Butuh Dana Rp 95 Miliar, Dinas PUPR Banjarmasin Lobi Pemprov Kalsel

“Untuk lahan pembangunan SMK di Sungai Andai, termasuk di Basirih-Mantuil juga sudah disiapkan. Bahkan, ada warga yang bersedia menghibahkan lahannya,” tutur Ibnu Sina.

Dia mengatakan keluhan warga Sungai Andai yang terjebak macet bertahun-tahun juga telah dicarikan solusi dengan rencana pembangunan Jembatan Sungai Andai yang terkoneksi ke Jalan Cemara Raya Ujung, sehingga aksesnya tidak lagi keluar masuk dari ruas Jalan Sultan Adam.

BACA JUGA : Berbiaya Murah, Walikota Ibnu Sina Setuju Model Jembatan Gantung Penghubung Sei Jingah-Sei Bilu

“Mengenai masalah ilung (eceng gondok) memang itu kiriman dari daerah tetangga,” ucap Ibnu Sina, saat menjawab pertanyaan Rosehan soal pampangan ilung yang selalu mengganggu perairan Sungai Martapura Banjarmasin untuk dituntaskan melalui penurunan pasukan turbon dan solusi lainnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.